SMK PGRI 3 Denpasar Gelar UNBK Mandiri

    


Pemotongan tumpeng memperingati HUT PGRI dan Hari guru Nasional 2017 di SMK PGRI 3 Denpasar - foto: dok

KORANJURI.COM – Pertama menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), SMK PGRI 3 Denpasar mempersiapkan dengan menggelar simulasi. Simulasi tersebut sebagai bagian dari kegiatan pra UNBK yang serentak diadakan di sekolah yang menggelar ujian dalam jaringan (daring).

Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, I Nengah Madiadnyana menjelaskan, simulasi sudah dilakukan. Siswa secara teknis juga tidak mengalami kendala dalam mengikuti simulasi tersebut.

“Tidak ada masalah, semua berjalan lancar. Siswa peserta UNBK juga sudah siap dengan beralihnya sistem UN dari kertas pensil menjadi berbasis komputer,” jelas Madiadnyana, Rabu, 7 Maret 2018.

Jumlah peserta UNBK di sekolah kejuruan pariwisata itu mencapai 742 orang yang akan menggunakan 7 ruangan. Sesuai dengan aturan yang ada, minimal komputer yang disediakan harus memenuhi sepertiga dari jumlah siswa yang ada. Ditambah, sepuluh persen komputer cadangan.

Madiadnyana menekankan, pihaknya secara mandiri dan pertama kali menggelar ujian dalam jaringan yang dicetuskan oleh pemerintah sejak beberapa tahun lalu. Banyak hal yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan UNBK, terutama dari kebutuhan listrik dan koneksi jaringan internet.

Maka dari itu, pemerintah sewajibnya memperhatikan kebutuhan listrik pada hari H pelaksanaan UNBK. Komitmen itu harus ditunjukkan Disdikpora Provinsi Bali bersama PLN sebagai penyedia kelistrikan.

“Harus ada komitmen, jika nanti pada pelaksanaan UNBK, tidak ada pemadaman atau daya listrik anjlok,” jelas Nengah Madiadnyana.

Set up yang dilakukan di SMK PGRI 3 Denpasar yakni menyiapkan 7 ruang dengan setiap ruangan diisi 40 unit komputer. Setiap hari ada 3 sesi UNBK.

UNBK tahun 2018 digelar untuk tingkat SMK pada 2 April hingga 5 April 2018. UNBK tingkat SMA/MA berlangsung pada 9 hingga 12 April 2018. Dilanjutkan dengan UN susulan tingkat SMA/SMK/MA pada 17 April hingga 18 April 2018. (Way)