SMK Kesehatan Purworejo Teken MoU Lanjutan Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat dengan Unimugo

    


Kepala SMK Kesehatan Purworejo dan Rektor Unimugo (Universitas Muhammadiyah Gombong) berfoto bersama usai penandatanganan MoU, Jum'at (21/01/2021) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMK Kesehatan Purworejo, menjalin kerjasama dengan Unimugo (Universitas Muhammadiyah Gombong), terkait kelanjutan pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan MoU antara kedua belah pihak, Jum’at (21/01/2022). Dari SMK Kesehatan Purworejo diwakili Nuryadin, S.Sos, M.Pd, selaku Kepala Sekolah, dan dari Unimugo diwakili Dr. Hermiyatun, M.Kep, Sp.Mat selaku Rektor.

Penandatanganan MoU, juga disaksikan Okky Priya Pambudi, S.Pd, guru BP dan Ardiyanto Nugroho, S.Si, selaku Waka Humas SMK Kesehatan Purworejo. Dari Unimugo juga turut menyaksikan, Sawiji, MSc, wakil rektor 4, Sarwono, M.Kes, wakil rektor 3, dan staf humas Adi Yatma, S.Pd.

Usai penandatanganan MoU, Nuryadin mengungkapkan, dalam kerjasama tersebut, prinsipnya ada dua hal, pengembangan pendidikan kaitannya dengan tindak lanjut siswa untuk kuliah di Unimugo, baik itu program beasiswa maupun mandiri.

“Kaitannya dengan pengabdian masyarakat, kita bersama-sama, yang intinya promosi bareng-bareng, terkait pengembangan potensi yang dimiliki antara SMK Kesehatan Purworejo dan Unimugo,” ujar Nuryadin.

Dia berharap, setelah ditandatanganinya MoU ini, nanti akan bertambah lagi anak-anak (siswa) yang pengin kuliah di Unimugo, baik itu jurusan keperawatan maupun farmasi, atau jurusan yang lain sesuai dengan potensi yang diinginkan anak-anak.

“Dan saya berharap juga, siswa yang kuliah disini segera lulus, juga bisa berprestasi, sehingga nanti bisa bareng-bareng berkembang,” kata Nuryadin.

Sawiji, selaku Wakil Rektor 4 bidang kerjasama menyampaikan, pihaknya menyambut baik atas kerjasama tersebut. Intinya dari Unimugo selalu membuka diri, terhadap mitra-mitra kerjasama, dari kalangan dunia pendidikan, mulai dari SMA, SMK, MA negeri maupun swasta, bahkan dibawahnya, SMP, SD, TK, PAUD, berbasis agamis, nasionalis, maupun umum, negeri maupun swasta, termasuk perguruan tinggi.

“Terkhusus untuk SMK Kesehatan Purworejo, berdasarkan basis data yang ada, lulusannya bersinergi dengan Unimugo. Dari tahun ke tahun walaupun angkanya fluktuatif, tapi selalu ada lulusannya yang melanjutkan kuliah di sini,” ujar Sawiji.

Tentu dengan itu, kata Sawiji, pihaknya akan melihat dan mengevaluasi bersama-sama, untuk Unimugo menjadi pilihan masyarakat terkhusus SMK Kesehatan Purworejo, yang memiliki jurusan farmasi dan keperawatan, dengan prinsip BMW (Bekerja, Melanjutkan, Wirausaha).

“Ada kunci M (melanjutkan) disitu. Kita memiliki prodi S1 Farmasi maupun keperawatan yang sudah mapan. Jadi tidak perlu khawatir soal aspek legal prodi keduanya,” tandas Sawiji.

Dia berharap, kedepannya lebih bersinergi, lebih riil, dalam bentuk kerjasama yang lebih nyata yang saling menguntungkan, semisal promosi bersama.

Hermiyatun, selaku Rektor Unimugo juga menyampaikan, bahwa pihaknya sangat welcome, karena itu salah satu tujuannya, dengan membangun jejaring, kerjasama di semua lini, khususnya dengan SMK Kesehatan Purworejo.

“Kami basic awalnya dari STIKES, jadi sangat nyambung dengan maksud dan tujuan kedatangan tim SMK Kesehatan Purworejo. Dimana kami sangat berharap nanti mahasiswa kami akan banyak disuport dari SMK kesehatan Purworejo yang memiliki jurusan keperawatan dan farmasi,” kata Hermiyatun.

Dirinya juga berharap, ada calon mahasiswa dari SMK Kesehatan Purworejo yang tidak hanya linier Kesehatan saja, karena seiring perkembangan minat dan bakat, anak-anak SMK bisa memilih prodi lainnya, seperti hukum, manajemen, maupun teknik industri.

“Terkait kerjasama dalam bidang marketing, pengabdian masyarakat, kita juga sangat welcome. Sudah menjadi tugas kami, untuk melakukan Tri Darma, pengabdian-pengabdian terjun ke masyarakat langsung, memperkenalkan diri, sekaligus memberikan pemanfaatan buat masyarakatnya sekitar,” jelas Hermiyatun.

Dia juga menambahkan, prodi-prodi yang ada di Unimugo, diantaranya Keperawatan (D3, S1, Profesi), Kebidanan (D3, S1, Profesi), Farmasi (saat ini tengah re akreditasi), Teknik Industri, S1 Hukum, S1 Manajemen, dan Teknik Mesin. (Jon)