SMK Kesehatan Purworejo Juara 3 Lomba Mars SMK Tingkat Nasional

    


Siswa-siswa SMK Kesehatan Purworejo, saat menyanyikan lagu Mars SMK - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMK Kesehatan Purworejo, meraih juara tiga dalam Lomba Mars SMK, yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2018,

Dalam lomba yang dikhususkan untuk siswa-siswi SMK se Indonesia itu, juara satu dipegang oleh SMK N 1 Adiwerna, Tegal, dan juara dua dari SMK N 2 Purwodadi. Atas prestasinya sebagai juara tiga, SMK Kesehatan Purworejo mendapatkan hadiah piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 7 juta.

“Lomba-lomba seperti ini, baru pertama kita ikuti. Alhamdulillah dapat juara tiga,” jelas Nuryadin, SSos, MPd, melalui Ardiyanto, Humas SMK Kesehatan Purworejo, Sabtu (17/11).

Tujuan dari Lomba Mars SMK tersebut, menurut Ardiyanto, bertujuan untuk mewadahi kreativitas siswa siswi SMK dan menjadikan karya tersebut sebagai karya resmi keluarga besar SMK.

 Dalam lomba ini, SMK Kesehatan Purworejo mengirimkan satu lagu, yang dikemas dalam sebuah video, tentang aktifitas kegiatan belajar mengajar, ekstrakurikuler, praktikum, dan kegiatan lainnya, dengan latar belakang lagu mars ciptaan dan aransemen anak-anak SMK Kesehatan Purworejo, dengan bimbingan Ardiyanto Nugroho. Lokasi pengambilan video dan rekaman, dilakukan di sekolah.

Video berdurasi 1 menit 30 detik yang dinyanyikan anak-anak SMK Kesehatan Purworejo itu, kemudian diunggah Full Video ke Youtube dan Preview Video ke Instagram. Dan berdasarkan penilaian juri, dimana hasil karya lomba bersifat orisinal, tidak melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun, dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Saat diumumkan pada Jum’at (16/11), SMK Kesehatan Purworejo meraih juara tiga.

Dalam lomba mars ini, ungkap Ardiyanto, diikuti oleh sebelas siswa, yakni, Putri Palupi (X Kep 2), Shilla Avrilia (X Kep 2), Frizchalia Cahyani (X Kep 2), Elfira Martha (X Kep 3), Fita Wahyu Fitantri (X Far 1), Annisa Triya Istiqomah (X Kep 1), Marvina Eunike Iswanto (X Kep 2), Nisa Septiana (XI Kep 2), Al zahra Putri Sejati (XI Kep 1), Wiwin Yuliani (XI Kep 3), dan Widiyah Tri Ramadani (XI Kep 3), serta dibimbing oleh Ardiyanto sendiri.

“Kemenangan ini bisa menjadi ajang promosi, juga pembuktian bahwa SMK itu bisa, dan merupakan pengembangan dari konsep multiple intelligence,” terang Ardiyanto.

Ardiyanto berharap, kemenangan ini bisa menjadi motivasi siswa untuk berkarya dan berkreativitas lebih baik lagi, dengan mengikuti event-event lainnya. (Jon)