SMK Kesehatan Purworejo Gelar Rapat Persiapan Pengabdian UKS

    


Rapat persiapan pengabdian UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) SMK Kesehatan Purworejo, yang dihadiri para pembina UKS dari berbagai sekolah (SMP), Selasa (21/1), di RM Satu-satu - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMK Kesehatan Purworejo, menggelar rapat persiapan pengabdian UKS (Usaha Kesehatan Sekolah), Selasa (21/1). Rapat yang berlangsung di RM Satu-satu ini, diikuti 22 guru pembina UKS dari berbagai SMP negeri maupun swasta, MTs se Kabupaten Purworejo. Rapat dipimpin oleh Kepala SMK Kesehatan Purworejo, Nuryadin, S.Sos, MPd.

Menurut Nuryadin, pengabdian UKS merupakan program tahunan, yang dilaksanakan oleh siswa kelas XI dari jurusan Keperawatan dan Farmasi. Tahun ini, program tersebut sudah berjalan untuk yang kedua kalinya.

“Pengabdian UKS akan dilaksanakan selama dua minggu, dari tanggal 3 hingga 15 Februari mendatang, di sekolah-sekolah SMP, dimana siswa berasal,” jelas Nuryadin, di sela-sela kegiatan.

Tujuan dari kegiatan tersebut, terang Nuryadin, merupakan bagian dari komitmen sekolah untuk lebih dekat dengan sekolah-sekolah SMP, karena mereka itu merupakan mitra dan penyedia calon siswa baru.

Juga, untuk mengaktualisasikan, mengaplikasikan ilmu kesehatan yang selama ini didapat di sekolah, khususnya ilmu tentang UKS, di sekolah mereka dulu berasal.

Selain itu, untuk menyiapkan siswa sebelum terjun ke masyarakat, agar mereka siap menjadi pemimpin atau tenaga kesehatan yang profesional. Ketika pada saatnya nanti tiba, mereka akan benar-benar siap.

“Program tersebut merupakan bagian dari promosi sekolah, menjelang PPDB 2020. Harapannya, dari sekolah yang menjadi tempat pengabdian tersebut, siswanya banyak yang melanjutkan di SMK Kesehatan Purworejo,” kata Nuryadin optimis.

Selama menjalani masa pengabdian ini, para siswa bertugas di UKS. Selain itu, mereka juga memberikan penyuluhan tentang kesehatan, memberikan pendampingan menjelang lomba PMR, serta periksa gratis.

Dalam satu sekolah, akan diisi sekitar 6 siswa, yang merupakan gabungan dari jurusan Keperawatan dan Farmasi. Selama menjalani masa pengabdian ini, mereka akan mengkolaborasikan dua disiplin ilmu yang berbeda tersebut.

Nuryadin berharap, program pengabdian UKS tersebut bisa memberikan dampak positif dan spirit bagi anak-anak di kedua belah pihak, serta keberadaan SMK Kesehatan Purworejo bisa lebih diterima di kalangan sekolah-sekolah SMP.

“Rapat persiapan ini, untuk memperkenalkan program pengabdian UKS itu seperti apa. Kita juga mengharapkan adanya saran dan kritik, supaya program ini bisa lebih sempurna lagi,” pungkas Nuryadin, yang didampingi Nina Hadnisari, S.ST, selaku penanggung jawab program pengabdian UKS. (Jon)