SMK Ilkom Ganesha Udayana Konsisten Ikuti UNBK

    


Kepala SMK Ilmu Komunikasi Udayana, I Wayan Supardi - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sistem ujian nasional Dalam Jaringan atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) memberikan keuntungan tersendiri bagi SMK Ilmu Komunikasi Ganesha Udayana. Kepala sekolah SMK Ilkom Ganesha Udayana, I Wayan Supardi mengatakan, evaluasi yang dilakukan dari hasil UNBK tahun lalu, nilai rata-rata rata minimal yang dicapai siswa justru lebih tinggi dibandingkan Ujian Kertas Kertas dan Pensil (UNKP).

Supardi berpendapat, UNBK memberikan rasa percaya diri kepada siswa saat mengerjakan soal-soal ujian. Dengan sistem random soal memungkinkan setiap siswa mendapatkan jenis soal ujian yang berbeda.

“Rasa percaya diri siswa justru meningkat karena tidak mungkin mereka kerjasama biar duduk bersebelahan. Mau tidak mau siswa akan mengerjakan dengan kemampuannya sendiri,” jelas Wayan Supardi di hari terakhir UNBK, Kamis, 13 April 2017.

Seperti diketahui, SMK Ilkom Ganesha Udayana yang berdiri tahun 2008, sudah dua kali menggelar UNBK. Evaluasi yang dilakukan pada UNBK tahun sebelumnya menjadi pengalaman baik dalam mengikuti ujian berintegritas tersebut.

Jika kedepan UN masih digunakan sebagai pemetaan kualitas pendidikan, Wayan Supardi tetap akan memilih menggunakan model UNBK. Selain efektif dan tidak membutuhkan keamanan manual berlebihan, Ujian Daring juga memiliki standarisasi unggul dibandingkan Ujian konvensional dengan kertas dan pensil.

Di dunia usaha dan dunia industri, tamatan SMK Ilkom Ganesha Udayana selalu ditunggu oleh dunia usaha pariwisata dan perhotelan di kawasan Kuta, Jimbaran maupun Nusa Dua.
“Semua tamatan disini terserap di dunia usaha pariwisata, ada juga yang berhasil membuka usaha sendiri,” ujar Wayan Supardi.

SMK Ilmu Komputer Ganesha Udayana memiliki dua jurusan yakni, Komputer yang membawahi program studi Multimedia dan Pariwisata dengan kompetensi Tata Boga dan Akomodasi Perhotelan (AP). Sebelumnya, SMK Ilkom Ganesha Udayana pernah meraih nilai UN rata-rata peringkat ke-9 se-Provinsi Bali.

“Secara akademik kami pernah meraih UN rata-rata tertinggi di Bali. Yang pasti prestasi lain diluar akademis tetap akan kami raih,” jelas Wayan Supardi.

SMK Ilmu Komunikasi Ganesha Udayana dirintis sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas dan mampu bersaing dengan sekolah unggulan lainnya di Kabupaten Badung. Penataan demi penataan terus dilakukan terutama bidang akademis dan praktik.
 
 
Way