SMA Sakura Siapkan Ujian Sekolah Layaknya Ujian Nasional

    

I Gede Ngurah Dharma Setyawan

I Gede Ngurah Dharma Setyawan

KORANJURI.COM – Diberlakukannya Kurikulum 2013, sekolah dituntut lebih kreatif dalam membuat soal tes ujian sekolah yang mengacu pada POS Ujian Nasional. Bukan hanya I Gede Ngurah Dharma Setyawan dari segi kuantitas soalnya saja, tapi dari kualitas soal juga disesuaikan kurikulum yang baru.

I Gede Ngurah Darma Setyawan dari SMA Negeri 1 Kuta Utara mengatakan, pembuatan hingga pencetakan soal dilakukan oleh sekolah dengan mengacu guidance dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali.

“Teknisnya kita sesuai dengan POS UN kemudian jumlah kelas disini ada 26 rombongan belajar sesuai dengan kelompok peminatan,” jelas Darma Setyawan.

Setiap mata pelajaran terdiri dari dua paket soal dengan sistem lembar jawab kerja atau paper based test (PBT). Setyawan mengungkapkan, satuan pendidikan atau sekolah telah terbiasa membuat soal ujian sekolah.

Hanya saja, terkait dengan ujian sekolah dengan mengacu pada POS UN, pihaknya perlu bekerja lebih keras untuk mengejar penyelesaian soal-soal ujian yang akan diadakan pada 22 Februari – 29 Februari 2016 mendatang. Setyawan memastikan saat ini soal sudah dicetak dan baru akan dibawa ke sekolah menjelang pelaksanaan Ujian Sekolah.

“Sudah tersimpan di tempat khusus yang aman. Masalah teknis sudah selesai tinggal menunggu pelaksanaannya,” ujar Setyawan.

Di sekolah itu ada 15 mata pelajaran yang akan diujikan. Dengan demikian, pada ujian sekolah nanti ada 30 variasi soal yang akan dikerjakan oleh siswa. Dengan mengacu pada POS UN, Setyawan mengatakan, sekolah menerapkan secara persis pola ujian nasional. Hanya saja, jumlah variasi soalnya hanya 2 paket per mata pelajaran.

Layout juga disesuaikan seperti ujian nasional dengan masing-masing kelas terisi 20 siswa ditambah 2 orang pengawas. Pola random bangku diatur sedemikian rupa dengan harapan mencerminkan kompetensi siswa.

Sebanyak 500 siswa SMA Negeri 1 Kuta Utara akan mengikuti ujian sekolah. Jumlah ruangan yang disiapkan sebanyak 26 ruang.
 
 
way



    





News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas