Siswa SMP se-Gianyar Ikuti Kegiatan Taman Nusantara di SMP Negeri 2 Sukawati

    


Penyematan tanda peserta kegiatan Taman Nusantara oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Gianyar/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMP Negeri 2 Sukawati tahun ini menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kegiatan Taman Nusantara Ke-4 yang diikuti oleh seluruh sekolah tingkat SMP di Kabupaten Gianyar. Kegiatan berbasis keberagaman itu diikuti oleh 80 siswa.

Kepala SMP Negeri 2 Sukawati, Drs. Anak Agung Nyoman Darma, M.Pd memberikan penjelasan, dalam kegiatan itu setiap sekolah mengirimkan empat orang siswanya untuk mengikuti kegiatan selama lima hari tersebut. Siswa akan diberikan materi terkait kemajemukan yang ada di Nusantara oleh pemateri yang berasal dari berbagai latar kehidupan keyakinan.

“Ini menambah khasanah siswa akan pentingnya sikap toleransi. Indonesia bukan hanya dihuni satu suku dan keyakinan saja, tapi ada banyak latar belakang kehidupan yang mencerminkan pluralisme,” terang AA. Nyoman Darma, Selasa, 1 Agustus 2017.

_IMG_000000_000000

Acara pembukaan Kegiatan Taman Nusantara Ke-4 dipusatkan di Gedung Kesari Yuda, Desa Singapadu, Gianyar. Sambutan Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata yang dibacakan Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Gianyar, menyatakan, terobosan yang dilakukan Pemkab Gianyar untuk wujudkan fungsi pendidikan.

Peradaban bangsa, kata Bupati, menjadi suatu keniscayaan untuk menjaga kedaulatan NKRI yang terdiri dari multi etnis dan adat. Pemahaman akan pentingnya kesadaran di tengah perbedaan dibutuhkan oleh seluruh elemen masyarakat hingga kepada setiap individu.

Bupati juga mengajak komponen bangsa, apapun identitasnya, untuk terus maju dan mengisi pembangunan serta menanamkan 4 pilar kebangsaan yakni, Pancasila, UUD 45 Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI untuk memuupuk semangat nasionalisme.

Kegiatan Taman Nusantara mendatangkan narasumber dari 6 agama yang diakui di Indonesia yakni, Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Kong Hu Cu.

“Narasumber berasal dari Forum Kerukunan Antar Umat Beragama di Kabupaten Gianyar. Siswa mengikuti kegiatan itu mulai 7.30 sampai pukul 13.00 wita. Jadwalnya menyesuaikan seperti jam sekolah,” jelas Kasek SMP Negeri 2 Sukawati, Anak Agung Nyoman Darma.

Di akhir acara, siswa peserta Kegiatan Taman Nusantara akan diajak mengunjungi tempat ibadah masing-masing agama di Indonesia.

“Kegiatan ini sekaligus kita gabungkan persiapannya dengan HUT sekolah ke-52. Hanya saja, puncak HUT sekolah kita majukan hari Senin (31/7/2017),” jelas Kasek SMPN 2 Sukawati. (Way)