Siswa SMKN 4 Purworejo Ikuti Seleksi Magang ke Jepang

    


Kegiatan sosialisasi dan rekruitmen tenaga kerja dari perusahaan/lembaga pendidikan di SMK N 4 Purworejo, dari Senin (21/1) hingga Jum'at (25/1) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Selama lima hari, dari Senin (21/1) hingga Jum’at (25/1), sebanyak 210 siswa kelas XII SMK N 4 Purworejo, mengikuti kegiatan sosialisasi dan rekruitmen tenaga kerja dari PT SEEI, LPK YAZUI, serta Indo Crew. Perekrutan tersebut, untuk berbagai bidang keahlian.

Pada kesempatan tersebut, hadir perusahaan Jepang Tee Kay Coorp. melalui perwakilannya di Indonesia, PT SEII yang melakukan rekruitmen siswa, untuk magang ke Jepang. Rekruitmen LPK YAZUI, untuk magang di Jepang di bidang pekerjaan di darat, dan PT Indo Crew, sosialisasi untuk penempatan kerja di Kapal Pesiar luar negeri.

“Di rekruitmen ini, siswa langsung menjalani seleksi, meliputi cek fisik (tinggi, berat badan, mata, dll), tes kemampuan fisik (barbel, split jump), dan wawancara,” jelas Kepala SMK N 4 Purworejo Wahyono, S.Pd, M.Pd, melalui Waka Humas Edi Mardiyanto, S.T, Senin (28/1).

Untuk seleksi magang ke Jepang melalui PT SEII, kata Edi, diikuti oleh 76 siswa kelas XII bidang keahlian NKPI, TKPI dan API yang langsung diseleksi oleh Mr. Eiji Hatabu (Tee Kay Coorp) dan Arif Yulianto (PT SEII). Pada seleksi ini, untuk penangkapan ikan, budidaya ikan dan pengolahan hasil perikanan.

Terang Edi, dari 76 siswa yang mengikuti seleksi, sebanyak 66 siswa dinyatakan lolos, dengan perincian, 48 di sektor penangkapan ikan, 3 orang di sektor budidaya dan 15 di sektor pengolahan ikan. Selanjutnya, mereka akan mengikuti seleksi selanjutnya di Tangerang.

“Siswa yang tidak lolos terkendala usia yang belum genap 18 tahun dan faktor fisik yang tidak memenuhi persyaratan,” ungkap Edi.

Bagi yang berhasil lolos seleksi di Tangerang, akan mengikuti diklat bahasa Jepang selama kurang lebih 4 bulan dan medical chek up sebelum diberangkatkan ke Jepang. Tee Kay Coorp, akan memberikan gaji sebesar 80 ribu Yen/ bulan (sekitar Rp12 juta/bulan) dengan kontrak selama 3 tahun, untuk berbagai sektor pekerjaan.

Dari LPK YAZUI Purbalingga, lanjut Edi, juga melakukan sosialisasi dan seleksi, dengan tahapan yang tak jauh beda. Seleksi ini diikuti oleh 61 siswa dari bidang keahlain TKR dan TKPI. Hasil seleksi, 34 siswa dinyatakan lolos, yang selanjutnya akan mengikuti pelatihan bahasa Jepang terlebih dahulu di LPK YAZUI selama 4 bulan.

Edi meminta, semua siswa kelas XII untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Pihak sekolah akan berupaya mencari lebih banyak perusahaan untuk menyerap alumni SMK N 4 Purworejo sehingga tidak ada alumni yang lulus menjadi pengangguran.

“Tahapan seleksi yang ketat menunjukkan bahwa persaingan di dunia kerja makin berat. Para siswa diminta mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja,” pungkas Edi. (Jon)