Sineas dari 69 Negara Meriahkan Festival Film Week Minikino 9

oleh
Keterangan pers pergelaran Minikino Film Week 9 di Denpasar, Selasa (5/9/2023) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Minikino Film Week ke-9 (MFW9) kembali digelar tahun ini. Sekitar 275 film pendek dari Indonesia maupun luar negeri akan diputar selama 9 hari di 13 lokasi di Pulau Dewata. Film maker yang jadi peserta berasal dari 69 negara.

Direktur Festival MFW9 Edo Wulia mengatakan, ada 1.111 judul film pendek yang didaftarkan melalui kanal online short film depot dan filmfreeway.

“187 film yang lolos seleksi, termasuk film-film dari Indonesia. Disini, Minikino juga berkolaborasi menampilkan program film pendek tamu serta program film di market screening,” jelas Edo di Denpasar, Selasa, 5 September 2023.

Menurutnya, seluruh pemutaran film dan diskusi diselenggarakan secara luring. Sedangkan forum dalam short film market diselenggarakan secara daring.

“Ini untuk memberi akses lebih luas terhadap penonton publik, serta partisipan filmmaker dan pembicara yang tidak bisa hadir secara langsung,” jelasnya.

Sementara, Programmer Minikino Fransiska Prihadi menambahkan, perjalanan Minikino Film Week dalam 10 tahun terakhir diakui banyak tantangan. Namun, tahun ini sudah cukup stabil dibanding tahun-tahun lalu saat pandemi Covid-19.

Menurut Fransiska, di awal festival tantangan muncul dari respons penonton yang jumlahnya diluar ekspektasi.

“Kita bikin riset kecil, ternyata persoalannya tidak terlalu menikmati pemutaran Minikino karena ada diskusinya,” kata Fransiska.

Dalam penelusuran selanjutnya, ditemukan kendala bahwa film yang diputar tidak disertai sub title bahasa Indonesia.

“Saat ini, seluruh film dalam program ini dilengkapi dengan panduan rekomendasi batas usia, dan takarir Indonesia. Beberapa program film juga akan didampingi oleh relawan profesional sebagai active listener dari Ikatan Psikologi Klinis HIMPSI Wilayah Bali,” jelas Frannsiska. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News