Siapkan Kelengkapan Kendaraan Anda Satlantas Polres Purworejo Gelar Operasi Patuh

    


KORANJURI.COM – Jajaran Satlantas Polres Purworejo, mulai Kamis (23/07/2020) hingga Rabu (05/08/2020), menggelar Operasi Patuh Candi 2020. Operasi yang berlangsung selama 14 hari itu, dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Menurut Kasatlantas Polres Purworejo, melalui KBO, Iptu Kuwat Ragil Saputro, Kamis (23/07/2020), selama Operasi Patuh, tindakan yang dilakukan, 40 persen preemtif, 40 persen preventif, dan 20 persen tindakan represif.

“Kita prioritaskan pada pelanggaran vital yang mengakibatkan kecelakaan,” jelas Kuwat.

Beberapa pelanggaran ini, kata Kuwat, antara lain, tidak memakai helm, melawan arus, kelebihan muatan, dan kelengkapan kendaraan.

Karena Operasi Patuh dilakukan pada saat pandemi Covid-19, ujar Kuwat, jajaran Satlantas Polres Purworejo juga menggandeng Dinkes dan Satpol PP.

“Dari Dinkes akan melakukan himbauan/sosialisasi tentang protokol kesehatan, dan dari Satpol PP akan merazia pengendara yang tak memakai masker,” ungkap Kuwat.

Dijelaskan pula, menghadapi hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 31 Juli 2020, dari Satlantas Polres Purworejo juga sudah mengantisipasi jika terjadi arus mudik.

Karena pada libur lebaran Idul Fitri yang lalu tidak ada arus mudik, maka dimungkinkan pada libur Idul Adha, dari Jum’at (31/07/2020) hingga Minggu (02/08/2020), akan terjadi arus mudik dan arus balik

Yang jadi pantauan, jelas Kuwat, selain jalur tengah, juga jalur selatan-selatan atau jalur Daendels. Situasi jalan yang lurus, mulus dan adanya lampu penerangan, membuat jalur Daendels jadi alternatif utama selama arus mudik.

“Mari taati peraturan berlalulintas dan protokol kesehatan dengan rajin cuci tangan, jaga jarak, dan pakai masker,” pungkas Kuwat. (Jon)