Setelah 3 Tahun Mangkrak, GOR WR Supratman Akhirnya Kelar Dibangun

    


GOR WR Supratman - foto: Sujono

KORANJURI.COM – Setelah sempat mangkrak selama tiga tahun, bangunan Gedung Olah Raga (GOR) WR Supratman Purworejo yang terletak di Jl. Ring Road Utara itu akhirnya diserahterimakan ke Pemkab Purworejo.

Penyerahan hasil pembangunan GOR WR Supratman dilakukan langsung oleh Ketua Komite Pembangunan GOR, Angko Setiyarso Widodo, didampingi Kabag Kesra Setda Purworejo (Mantan Kadindikbudpora Purworejo) Drs Bambang Ariyawan MM, dan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pemuda Olah Raga Kabupaten Purworejo, Muh Wuryanto MPd kepada Pj Bupati Purworejo Agus Utomo, diruang Pringgitan, Senin malam (11/1).

Proyek pembangunan GOR WR Supratman sendiri, merupakan hasil bantuan dari Kemenpora sebesar Rp 5 miliar, dan telah selesai pelaksanaan pembangunannya pada awal tahun 2013 lalu.

Meski proyek pembangunan GOR tersebut telah selesai 3 tahun silam, namun tak kunjung juga diserahterimakan, karena terganjal masalah hukum, yang menimpa bendahara proyek, Achmad Syarif.

Achmad Syarif diduga menggelapkan pajak penghasilan (PPh) dan pajak pendapatan (PPn) pada proyek rehabilitasi GOR WR Supratman sebesar Rp Rp 157.699.000,- dengan tidak menyetorkan uang pajak tersebut ke kas negara. Atas kasus tersebut, Achmad Syarif telah divonis 1 tahun lebih.

“Setelah kita cek secara administrasi tidak ada masalah, malam ini, secara resmi Komite Pembangunan GOR WR Supratman menyerahkan hasil pembangunan kepada Pemkab Purworejo,” ungkap PJ Bupati Purworejo, Agus Utomo.
Dikatakan, usai serah terima hasil pembangunan GOR dari Komite kepada Pemkab itu, PJ Bupati langsung akan membawa hasil laporan itu ke Kementrian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) di Jakarta.

Terkait permasalahan hukum yang terjadi, Pj Bupati Purworejo, Agus Utomo mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak kejaksaan Purworejo. Menurutnya, secara fisik, bangunan GOR tidak ada masalah, dan bisa digunakan dengan dasar asas manfaat.

“Menurut Kajari, kalau permasalahan hukum yang terjadi, itu menyangkut perseorangan (oknum),” jelas Agus Utomo.
Usai acara penyerahan, keesokan harinya, Selasa (12/1), Pj Bupati Purworejo, Agus Utomo langsung mengecek secara langsung ke GOR WR Supratman. Menurutnya, ada beberapa bagian GOR yang kurang sempurna dalam pengerjaannya, terutama pada lantai dan bangku penonton di lantai 2. Dia meminta, agar segera disempurnakan.

Terpisah, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Purworejo, A. Ari Wibowo, SH mengatakan, penanganan masalah hukum terhadap kasus proyek rehabilitasi pembangunan GOR WR Supratman terus berlanjut.

“Kita masih menunggu hasil penghitungan pihak ketiga terhadap fisik dan kerugiannya dari pembangunan GOR tersebut,” ungkap Ari Wibowo.
 
 
jon