Serka Iska, Srikandi Babinsa Banyumas

    


Serka Iska saat bertugas di tengah tengah masyarakat - foto: Istimewa

KORANJURI.COM-Tak seperti umumnya Bintara Pembina Desa ( Babinsa ) yang lazim di jabat seorang prajurit pria dari Matra TNI AD. Di Desa Pasiraman Kidul, Kecamatan Cilongok, Banyumas, seorang petugas Babinsa di jabat oleh anggota Kowad dari Kodim 0701/ Banyumas Korem 071/Wijayakusuma, Serka ( K ) Iska Yuniarti.

Menurut Serka Iska, keberadaanya di masyarakat memperoleh apresiasi positif dari masyarakat. Ia berharap tugas negara yang di embanya mampu menjadi pemicu bagi Kowad Kowad lain meniti karier sebagai Babinsa.

Istri Letda Laut (KH) Indra Ardiyasa, S.E ini di Banyumas merupakan Kowad pertama kali yang ditunjuk sebagai Babinsa di lingkungan Korem 071/Wijayakusuma.

Menjadi prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad)bagi dia adalah wujud pengabdian kepada bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Selain merasa senang dan bangga bisa berinteraksi dan terlibat langsung membantu kesulitan di tengah masyarakat.

“Tugas pokok Babinsa diantaranya menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang wilayah yang tangguh bersama masyarakat dan pemerintah desa di dalam menciptakan ketahanan wilayah,” Ujarnya menandaskan

Terpisah, Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol dalam keteranganya mengungkapan, Babinsa perempuan memiliki warna tersendiri di dalam membina masyarakat.

“Selama ini, Babinsa identik dengan pria, namun keberadaan Serka Iska di masyarakat menjadi warna yang berbeda, apalagi dia cukup cepat dalam membangun komunikasi dengan siapa saja,”pungkasnya(*)