Sembako untuk 7.554 KK Miskin di Gianyar Mulai Didistribusikan

    


Bupati Gianyar, I Made Mahayastra saat melepas bantuan sembako kepada 7,554 KK miskin di Kabupaten Gianyar, Selasa (14/4/2020) pagi di GOR Kebo Iwa Gianyar - foto: Catur/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pemerintah Kabupaten Gianyar mendistribusikan 7.554 bantuan paket sembako untuk KK miskin di 70 desa dan kelurahan.

Bupati Mahayastra mengatakan, Pemkab Gianyar saat ini telah menyiapkan 7.554 paket sembako, untuk masyarakat yang membutuhkan akibat terdampak pandemi covid 19.

Paket terdiri dari beras 25 kg, mie instan satu dus dan telur sebanyak satu krat.

“Tak dipungkiri pandemi ini berdampak besar pada menurunnya perputaran ekonomi masyarakat. Bantuan paket sembako ini merupakan salah satu bentuk bantuan pengamanan sosial untuk masyarakat akibat pandemik covid 19,” tegas Bupati Mahayastra.

Masyarakat kurang mampu menjadi prioritas pemerintah. Mereka tidak mempunyai penghasilan yang tetap.

“Berdasarkan kajian terhadap pekerja harian seperti, buruh, hotel dan lain-lainnya, mereka ini baru satu bulan berhenti bekerja. Logikanya mereka masih punya tabungan,” jelasnya.

Saat ini pihaknya telah menyiapkan dua tim untuk melakukan pendataan, yaitu tim Dasa Wisma seperti yang diarahkan oleh ketua TP PKK Provinsi Bali. Satu tim lagi dikomandoi oleh sekda.

“Yang paling penting disini adalah data, berdasarkan data kita bergerak. Sebagus apapun  kebijakannya jika tidak didukung oleh data yang akurat, bisa-bisaa nanti menimbulkan kekacauan di tengah warga,” jelas Bupati.

Beberapa waktu lalu Pemkab Gianyar mendata jumlah KK miskin yang dilakukan oleh masing-masing OPD di Lingkungan Pemkab.

Terkait dengan kedatangan PMI, khususnya di Kabupaten Gianyar, pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya termasuk dengan lokasi atau tempat karantina. (ning)