Semarak Inspirasi UNS Gelar Simulasi Pemadam Kebakaran

    


Foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Semarak Inspirasi UNS kembali mengelar Semarak Mengajar 2020 yang dimulai dari tanggal 6-17 Februari 2020.

“Tahun ini semarak mengajar diselenggarakan di dua titik wilayah yakni, Karanganyar dan Sragen,” jelas Taufik selaku ketua Semarak Mengajar 2020.

Semarak mengajar diramaikan dengan berbagai rangkaian kegiatan yang diharapkan mampu menebar kebaikan kepada para siswa sekolah dasar.

Di SDN 01 Wonosari, Gondangrejo, Karanganyar, kegiatan melibatkan pihak luar dengan menggandeng dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Karanganyar, dengan menggelar acara simulasi kebakaran oleh anggota Dinas Pemadam Kebakaran Karanganyar.

Simulasi diikuti siswa kelas satu sampai dengan kelas enam. Dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 10.30 WIB.

Dikatakan Taufik, kegiatan dilakukan tidak semata-mata untuk mengedukasi anak-anak ketika terjadi kebakaran, tetapi juga mengenalkan salah satu profesi sosial di tengah masyarakat.

Pada simulasi kebakaran, satu unit mobil pemadam kebakaran beserta empat petugas Damkar akan memberikan edukasi penanganan yang tepat ketika terjadi kebakaran.

Edukasi yang diberikan petugas Damkar berupa tindakan apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran.
Satu hal yang ditekankan kepada para siswa, memanggil Damkar tidak hanya saat ketika terjadi kebakaran, tetapi kejadian di luar kebakaran, juga dilakukan oleh petugas damkar seperti, penemuan ular, sarang tawon dan tugas sosial lainnya.

“Semua layanan dilakukan gratis, dari Damkar untuk masyarakat,” ujarnya. (yulia/jk)