Semantik XII SASINDO UNS Berikan Penghargaan Kepada Para Mahasiswa Berprestasi

    


Seminar Antar Tingkat SASINDO UNS, Kamis, 17 Oktober 2019 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Universitas Sebelas Maret Surakarta Prodi Sastra Indonesia Kamis siang (17/10/19) menggelar seminar antar tingkat XII ( Semantik) di ruang seminar gedung 3 lantai 2 Fakultas Ilmu Budaya UNS, dengan mengangkat tema, ‘Perkembangan Sastra Indonesia Kontemporer’.

“Terdapat beberapa subtema diantaranya pemakaian bahasa Indonesia di ruang publik, pemakaian bahasa Indonesia di media sosial. Sastra dan media digital, sastra dan budaya literasi. Perkembangan filologi di Indonesia dan kajian naskah melayu klasik,” kata dosen Sastra Indonesia UNS Dra. Rr. Chattri Sigit Widyastuti, M.Hum.

Ditambahkan, SEMANTIK diikuti ratusan mahasiswa Sastra Indonesia dari berbagai angkatan. Dimana setiap kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasekan makalah. Terdapat tiga orang dalam satu kelompok, dimana setiap makalah dapat dibuat secara kelompok ataupun individu.

Harapannya para mahasiswa mampu melatih kemampuanya secara individu atau kelompok.

Selain itu melalui SEMANTIK, seluruh mahasiswa bisa berlatih mengungkapkan gagasan dalam menumbuhkan kreativitas, membangun budaya literasi, motivasi, sehingga dapat berprestasi dan berkiprah didunia nasional maupun internasional.

SEMANTIK juga memberikan beberapa penghargaan kepada mahasiswa Sastra Indonesia yang berprestasi baik di bidang akademik ataupun non-akademik seperti olahraga, seni, dan budaya.

Di bidang akademik diantaranya Fatkhul Laelah, Maiyang Resmanti, Umu Hana Amini) mahasiswa angkatan 2018. Shifa Parama Dita A., Aisyah Umi Khalsum, Arista Estiningtyas, Rigita Cahyani) mahasiswa angkatan 2017. Jemima Jannah D.P., Aulia Itsni R., Insan Gumelar C.G., Yuli Kristianingsih mahasiswa angkatan 2016.

Sementara itu penerima penghargaan bidang non akademik diantaranya, Dian Pratama Marditiya dan Bayu Aji Ptasetya, finalis 10 besar Duta Bahasa Jawa Tengah yang juga penyabet juara 3 lomba fotografi 5th International Conference of Indonesia Forestry Researchers 2019.

Fatkhul Laela, juara 3 lomba esai tingkat nasional SAFIK FIB UNS. Navis Najib Azhar, juara 1 Lomba Cerpen Alinea Publishing 2019.

Pada kelompok beregu SEMANTIK juga memberikan penghargaan kepada juara 1 beregu Bulu Tangkis pada Kejuaraan Pekan Olahraga Antar tingkat. Juara 1 Futsal Putra pada Kejuaraan Pekan Olahraga Antar tingkat dan Juara 2 Voli Putra Kejuaraan Pekan Olahraga Fakultas dan beberapa penghargaan prestasi lainya yang diberikan kepada para mahasiswa.

“Dengan diberikanya penghargaan, mahasiswa di harapkan dapat memotivasi mahasiswa lain untuk lebih meningkatkan prestasi di bidang akademik maupun non akademik,” ujarnya (JK)