Selama Semester Genap, MAN Purworejo Ukir Ratusan Prestasi

    


Jalan sehat, mengakhiri kegiatan Class Meeting di MAN Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Selama semester genap tahun pelajaran 2021/2022, MAN Purworejo telah mengukir ratusan prestasi. Tercatat, ada 220 prestasi yang diraih dalam kurun waktu tersebut, yang didapatkan dari berbagai event ataupun perlombaan, baik akademik maupun non akademik, baik itu tingkat kabupaten, propinsi maupun nasional.

Dari ratusan prestasi itu, ada yang meraih juara 1 (emas), juara 2 (perak) dan juara 3 (perunggu), baik yang diperoleh secara perorangan ataupun beregu.

Dan prestasi yang diraih Rifki Khoirul Anam, siswa kelas X IIK 1 (Ilmu-ilmu Keagamaan) program asrama pada akhir semester genap ini, menambah daftar panjang prestasi yang telah diraih selama ini.

Rifki berhasil meraih juara 3 MTQ tingkat Jateng-DIY, pada lustrum ke VII STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta pada cabang Tilawah, pada lomba yang berlangsung Jum’at (17/06/2022) lalu.

“Atas prestasi tersebut, Rifki mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, trophy dan piagam. Dia merupakan salah satu santri Asrama Nurul Ulum MAN Purworejo,” jelas Drs Bisri Mustofa, Waka Humas MAN Purworejo, Jum’at (24/06/2022).

Rifki Khoirul Anam, siswa kelas X IIK 1 MAN Purworejo, berhasil meraih juara 3 MTQ tingkat Jateng-DIY, pada lustrum ke VII STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta pada cabang Tilawah - foto: Sujono/Koranjuri.com

Rifki Khoirul Anam, siswa kelas X IIK 1 MAN Purworejo, berhasil meraih juara 3 MTQ tingkat Jateng-DIY, pada lustrum ke VII STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta pada cabang Tilawah – foto: Sujono/Koranjuri.com

Fikri mengaku, sejak kelas 5 SD sering ikut lomba. Dia mulai berprestasi saat masih di MTs, dengan menjadi juara 2 MTQ tingkat propinsi Jawa Tengah. Selama di MAN, sudah tiga kali ini dirinya meraih juara MTQ. Sebelumnya pernah meraih juara 2 Tartil tingkat Kabupaten dan juara 1 Tahfidz (1 juz) Jateng -DIY di UMPurworejo.

“Saya akan lebih semangat lagi untuk berlatih supaya berprestasi lebih baik lagi. Impiannya sih bisa jadi juara 1 MTQ tingkat nasional,” ungkap Fikri, yang terobsesi gurunya, Ustadzah Sumarni, yang pernah meraih juara 1 nasional MTQ di Jakarta.

Bisri menambahkan, dari pihak sekolah memang berkomitmen untuk memaksimalkan setiap kegiatan yang berkaitan dengan prestasi-prestasi, baik akademik maupun non akademik dengan mencari sarana, wahana, ataupun kesempatan bagi peserta didik, dengan selalu mengirim peserta setiap ada event yang berkaitan dengan perlombaan siswa.

“Pihak sekolah selalu mendukung. Bahkan kita punya tim guru yang setiap ada event langsung membuat program, rencana pelatihan langsung disiapkan, dengan mengirim peserta,” kata Bisri.

Tim dibentuk untuk meningkatkan prestasi siswa terkait dengan ikut dalam perlombaan-perlombaan. Atas prestasi-prestasi tersebut, dari sekolah ada reward berupa beasiswa dan piagam penghargaan sesuai tingkat kejuaraannya, untuk memotivasi siswa.

Disampaikan juga oleh Bisri, mengakhiri kegiatan Class Meeting, MAN Purworejo mengadakan jalan sehat sejauh kurang lebih 3 km ke Taman Heroes Park pada Jum’at (24/06/2022) pagi, yang bertujuan untuk refreshing siswa usai mengikuti ujian semester.

Pada jalan sehat yang diikuti siswa kelas X, XI dan bapak ibu guru ini, juga ada pembagian door prize dan hadiah bagi pemenang lomba-lomba selama Class Meeting, diantaranya lomba senam kreasi, futsal bola plastik, lomba estafet karet, lomba estafet air, balap karung, perebutan kursi dan tarik tambang.

“Mohon doanya juga, bulan Juli ini kita mengikuti Lomba MSQ (Musabaqoh Syarhil Qur’an) tingkat provinsi, mewakili Kabupaten Purworejo,” pungkas Bisri. (Jon)