Segudang Talenta di SMK Negeri 3 Purworejo

    


SMKN 3 Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMK Negeri 3 Purworejo, yang terletak di Jl. Kartini Purworejo, untuk tahun ajaran 2015/2016 ini berhasil meluluskan 267 siswanya. Mereka ini para siswa kelas XII, yang terbagi dalam 3 jurusan, tata boga, tata busana, dan kecantikan.

Melalui BKK (Bursa Kerja Khusus) Daya Mandiri, SMK N 3 Purworejo menjalin kerjasama (MoU) dengan banyak perusahaan, khususnya garmen. Lewat BKK inilah, lulusan SMKN 3 banyak tersalur di perusahaan-perusahaan garmen.

Menurut Faisal, SAg, MpdI, ketua BKK Daya Mandiri SMKN 3, beberapa perusahaan garmen seperti PT Ungaran Sari Garmen, PT Royal Fashion, dan PT Busana Remaja Aga Cipta memang menjalin MoU dengan pihaknya. Tiap tahunnya, perusahaan-perusahaan tersebut membutuhkan banyak karyawan.

“Soal ketrampilan, lulusan SMKN 3 tak perlu diragukan lagi. Mereka sudah terlatih disini. Untuk tahun ini, ada 52 siswa yang langsung diterima bekerja di perusahaan garmen. Lulusan SMKN 3 banyak dicari perusahaan garmen,” ungkap Faisal, mewakili Sungkono, Kepala SMKN 3 Purworejo, Jum’at, 20 Mei 2016.

Dari lulusan tahun ini, kata Faisal, sebagian ada yang langsung diterima bekerja, mandiri, sebagian lagi meneruskan kuliah. Bahkan, ada beberapa siswa yang mendapat beasiswa di perguruan tinggi karena prestasinya, yakni di UNY Jogja, UNES Semarang, serta Universitas Trisakti Jakarta.

Jelas Faisal, untuk tahun 2016 ini, ada beberapa siswa SMKN 3 yang mendapat prestasi membanggakan. Karena prestasinya itu, mereka bisa mendapatkan bea siswa di perguruan tinggi.

Para siswa berprestasi itu, Adam Bayu Prasetyo, juara I ASC (Asian Skill Competition) tingkat Jateng untuk bidang Restoran Svervice, juara Harapan 1 ASC tingkat Nasional dan juara 2 lomba LKS Jateng, serta Anita Sekarsari, Juara Harapan 1 tingkat Jateng dalam lomba Desain Busana Muslim.

“Untuk SMKN 3, jurusan tata busana memang jadi favorit,” pungkas Faisal.
 
 
Jon