Satu Pekerja Migran Asal Gianyar Positif Covid-19 Dirawat di RSUD Sanjiwani

    


Pekerja migran Indonesia asal Bali menjalani sejumlah proses screening di Bandara Ngurah Rai Bali, untuk memastikan kondisi kesehatan mereka - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Satu orang warga Gianyar asal Desa Pejeng Kaja yang merupakan seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) terkonfirmasi positif corona. Saat ini yang bersangkutan bertempat tinggal di Batubulan Kangin dan saat ini sedang dirawat di Ruang Isolasi RSUD Sanjiwani Gianyar.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Gianyar, dr. I Nyoman Wawan Tirtha Yasa, Sp.B(K)Onk, Kamis (30/4/2020) mengatakan, yang bersangkutan merupakan seorang PMI yang bekerja di pesiar dan pernah singgah di negara terjangkit yakni USA dan Yunani.

“Yang bersangkutan tiba di Bali pada Jumat (10/4/2020) dan langsung tinggal di Batubulan Kangin untuk melakukan isolasi mandiri,” kata Wawan.

Kemudian setelah beberapa waktu, yang bersangkutan melakukan rapid test di Klinik Utama Vidyan Medika dengan hasil reaktif (positif) pada, Sabtu (25/4/2020). Tes dilanjutkan kembali pada Selasa (28/4/2020) melalui pengambilan swab dengan metode PCR dan hasilnya negatif.

“Kemudian tes swab dilakukan lagi pada Kamis (29/4/2020), hasilnya adalah positif.

Saat ditanya kenapa bisa hasil swab dan PCR antara yang pertama dan kedua, hasilnya berbeda?

“Protokol swab dilakukan dua kali berturut-turut. Kemungkinan pengambilan swab pertama tidak mengenai daerah yang mengandung virus,” jelasnya.

Saat ini, yang bersangkutan tengah dirawat di ruang isolasi RSUD Sanjiwani Gianyar. (ning)