‘Satu Jalur’ Bergema di Festival Budaya Abiansemal

    


Hadir diantara ribuan warga dalam ajang parade budaya itu, Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa dan para tokoh adat dan masyarakat lainnya - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Ribuan warga masyarakat Desa Mambal Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung dihibur dengan suguhan pentas kesenian yang ditampilkan seluruh Sekaa Teruna dan elemen masyarakat.

Kegiatan yang disemarakkan dengan berbagai atraksi kesenian tradisional itu menjadi hiburan tersendiri bagi warga pada akhir pekan di Lapangan Umum Desa Mambal, Minggu (25/2/2018).

Hadir diantara ribuan warga dalam ajang parade budaya itu, Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa dan para tokoh adat dan masyarakat lainnya.

Selain menampilkan kreasi para seniman termasuk kaum muda, suasana kian semarak dan bertambah semangat ketika berbagai elemen masyarakat menyampaikan kebulatan tekat untuk berjuang bersama dalam satu jalur guna memenangkan pasangan I Wayan Koster -Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Koster-Ace).

Disela kegiatan dan dengan diwakili tokoh masyarakat Desa Mambal, mereka menyatakan dukungan untuk pasangan nomor urut 1 yang diusung PDI Perjuangan dan didukung Hanura, PAN, PKB, PKPI dan PPP dalam Pilkada Serentak 27 Juni 2018.

Seruan ‘Salam Satu Jalur’ juga ‘Koster-Ace menang’ yang membahana memompa semangat kader, simpatisan di daerah basis PDI Perjuangan itu.

Dukungan masyarakat secara tulus itu menambah dorongan tim pemenangan Koster Ace di Badung untuk berjuang maksimal dalam memenangkan duet tokoh intelektual dan pariwisata (Koster-Ace) di pesta demokrasi lima tahunan itu.

Anggota DPRD Badung I Made Ponda Wirawan dari Fraksi PDI perjuangan yang juga anggota tim pemenangan Koster-Ace hadir bersama Camat Abiansemal, Perbekel se-kecamatan Abian Semal Ketua LPM dan BPD Desa Mambal, kelian desa adat se- Abian Semal dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat untuk Koster-Ace di Pilkada Serentak,” tandas Ponda.

Dalam kesempatan itu, Ponda menyampaikan visi misi dan program Koster-Ace yang pro rakyat dalam mewujudkan kesejahteraan.

Visi dan misi Koster-Ace dengan konsep Nangun Sat Kerti Loka Bali merupakan konsep dan misi yang terukur akan memberikan kemaslahatan masyarakat Bali untuk menjaga keharmonisan dan keseimbangan alam Bali beserta isinya menuju kemakmuran masyarakat Bali.

Konsep itu juga sesuai dengan ajaran Tri Sakti Bung Karno dengan konsep dan prinsip terencana, terpolda dan terintegrasi demi kemajuan Bali kedepan.

Semua program yang dirancang mengacu Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB).

Dikatakan Ponda, pembangunan di Bali harus dilandasi semangat gotong royong dan terintegrasi antara satu dengan daerah lainnya dalam satu pengelolaan ‘Satu Jalur: atau one mangemen island.

Dengan pembangunan di Badung untuk mewujudkan kemandirian atau berdikari secara ekonomi dan menjaga budaya, maka hal itu sejalan visi misi Koster-Ace yang terkonsep dalam Nangun Sat Kerhi Loka Bali atau membangun dan menjaga Bali secara keseluruhan.

Dikatakannya, masyarakat mendukung Koster-Ace, karena selama ini dekat dengan rakyat, sering membantu masyarakat di Badung khususnya.

Warga meyakini, duet Koster-Ace akan menjadi pemimpin Bali ke depan yang senantiasa memperjuangkan kepentingan rakyat seperti program pendidikan gratis 12 tahun SD, SMP, SMa/SMK, Kesehatan gratis hingga bedah rumah.bagi warga kurang mampu.

Juga, pembentukan BUMD untuk membeli hasil pertanian saat panen, bantuan untuk Sulinggih, Pemangku, dan komitmen melestarikan adat, seni, budaya dan agama Hindu.

Tak hanya itu, mereka juga mendukung Koster-Ace karena yang siap melanjutkan program Bali Mandara, diantaranya Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) dan bidang pendidikan Sekolah Bali Mandara.

Sosok Koster selaku anggota DPR RI selama tiga priode merupakan salah satu rujukan warga, dan dianggap sosok yang berpengalaman memimpin Bali ke depan.

Ditambah lagi sosok Budayawan Cok Ace diyakini akan menambah nilai plus pembangunan disertai keajegan Budaya Bali ke depan. (*)