Satpol PP Purworejo Segel Tower Tak Berijin

    


Petugas Satpol PP Kabupaten Purworejo, saat menyegel pembangunan tower tak berijin di Dukuh Krajan RT.3 RW.2, Desa Kaliharjo, Kaligesing, Senin (13/5) lalu - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Satpol PP Kabupaten Purworejo menghentikan pembangunan sebuah tower di Dukuh Krajan RT.3 RW.2, Desa Kaliharjo, Kaligesing, Senin (13/5) lalu. Hal ini ditandai dengan pemasangan pita tanda penyegelan pada tower, yang pembangunannya sudah mencapai 80 persen tersebut.

Menurut Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo, Budi Wibowo, penyegelan terpaksa dilakukan, karena PT Protelindo selaku pembangun tower belum memiliki ijin.

“Sudah kita beri surat teguran, namun mereka tidak mengindahkan sama sekali. Bahkan terkesan menyepelekan,” jelas Budi Wibowo, Kamis (16/5).

Selain tidak mengantongi ijin, kata Budi Wibowo, pembangunan tower tersebut juga melanggar Perda tentang pendirian menara telekomunikasi, karena didirikan hanya beberapa meter dari jalan raya.

Dijelaskan oleh Budi Wibowo, penyegelan tower tersebut, bermula dari laporan Camat Kaligesing, Bagas Adikaryanto, tentang adanya pembangunan sebuah tower, yang diduga belum berijin.

Ketika hal tersebut ditindaklanjuti di lapangan, pihak pembangun tower beralasan ijin sedang dalam proses. Namun ketika dicek di kantor perijinan, ternyata tidak ada sama sekali.

“Minggu lalu sudah diingatkan untuk berhenti, tapi tetap nekat. Sudah dikirimi surat teguran pada Senin (13/5) lalu, tapi tidak diindahkan. Terpaksa kita segel, hingga ijin keluar,” tandas Budi Wibowo.

Terkait dengan penyegelan ini, Budi Wibowo menghimbau, bagi siapa saja yang akan melakukan kegiatan, baik itu pembangunan atau yang lainnya, sebaiknya mengurus perijinan terlebih dahulu. (Jon)