Satlantas Purworejo Bagi Gratis Lampu Bentor

    


Puluhan bentor, saat pemberian bantuan lampu di Satlantas Polres Purworejo, Rabu (8/3) – foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 20 Bentor (becak motor) yang beroperasi di kota Purworejo, Rabu (8/3), mendapat bantuan lampu Bentor dari Satlantas Polres Purworejo.

Pemberian bantuan lampu ini, dilakukan secara simbolis oleh Kasatlantas Polres Purworejo, AKP Johan Valentino Nanuru di halaman satlantas, yang langsung dipasang disetiap kendaraan Bentor pada bagian sisi depan.

Tak hanya diberikan bantuan lampu. Para pengemudi bentor itu juga diberikan penyuluhan, sosialisasi tentang tertib berlalu lintas dijalan raya. Meskipun Bentor berbeda dengan kendaraan lain, namun diharapkan Bentor juga bisa tertib berlalu lintas dijalan raya.

“Agar mereka dalam mencari rejeki di jalan raya tidak melanggar lalu lintas,” ujar Johan.

Slamet (50) salah satu pemilik Bentor, mengaku senang dengan pemberian bantuan lampu yang dipasang disetiap bentor itu. Diharapkan, lampu itu bisa membantu para bentor sebagai tanda pengaman laju saat berkendara, utamanya pada malam hari.

“Jadi nyaman, kalau mau belok atau nyeberang jalan, atau melintas diperempatan, kelihatan ada lampu pengaman, sehingga kendaraan lain bisa hati-hati saat bentor melintas,” kata Slamet.

Sebelumnya, Satlantas Polres Purworejo melaksanakan Operasi Simpatik di perempatan kantor pos, timur alun-alun Purworejo. Kali ini, sejumlah instansi dilibatkan, seperti TNI, Dishub, Bhayangkari, pelajar dan tokoh masyarakat.

“Dalam operasi ini, kita tidak melakukan penilangan, tapi sosialisasi tentang tertib lalu lintas,” jelas Johan.

Dalam sosialisasi, petugas membawa tulisan ajakan dan himbauan, memasang stiker, serta memberikan gantungan kunci, kepada sejumlah kendaraan, baik roda dua maupun roda empat yang melintas di lokasi tersebut.

“Untuk pelanggaran yang kasat mata, kita hanya berikan surat teguran, bukan tilang,” tandas Johan. (Jon)