Satgas Pramuka Gotong Royong Bersihkan Lingkungan Pura Er Jeruk Gianyar

    


Anggota Gerakan Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gianyar melaksanakan Ngayah Mereresik di Pura Erjeruk, Sukawati, Gianyar, dan bersih pantai pada Jumat, 21 Desember 2018 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Demi terwujudnya lingkungan bersih, anggota Gerakan Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gianyar melaksanakan Ngayah Mereresik di Pura Erjeruk, Sukawati, Gianyar, dan bersih pantai pada Jumat, 21 Desember 2018.

Ngayah tersebut sebagai bentuk kepedulian Anggota Pramuka kepada masyarakat yang tertuang pada Dasa Darma Pramuka yaitu Cinta Alam dan Kasih sayang sesama manusia

Dewa Ngakan Ngurah Adi, selaku Wakil Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar, menjelaskan, kegiatan Ngayah Mereresik diikuti 70 relawan Satgas Pramuka Peduli. Kegiatan itu merupakan serangkaian dari Latihan Pemantapan yang dilaksanakan guna memantapkan ketrampilan anggota Satgas Pramuka Peduli Gianyar dalam kesiapsiagaan bencana dan memantapkan jiwa kerelawanan anggota Satgas Pramuka Peduli Gianyar.

“Secara berkesinambungan kegiatan ini akan dilaksanakan tiap 6 bulan sekali, tidak saja menyasar pura di wilayah gianyar tapi juga akan ngayah di Pura Sad Kahyangan di Bali,” jelasnya.

Aksi Ngayah Mereresik dan Bersih Pantai ini salah satu kegiatan penutup dari Latihan pemantapan Pramuka Peduli sebagai wujud dari hadirnya Pramuka di tengah masyarakat. Kegiatan ini adalah komitmen Pramuka Peduli Gianyar untuk terus ada dan berguna bagi masyarakat kata Dewa Adi

Dewa Adi mengatakan, selain Ngayah Mereresik dan bersih pantai pada 20 Desember 2018, Anggota Satgas juga dibekali dengan berbagai materi mengenai siaga bencana seperti Sistem Data dan Informasi kebencanaan dan managemen posko.

Selain itu, mereka dibekali juga dengan pemahaman terhadap Narkoba oleh BNN. Latihan pemantapan ini digelar oleh Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gianyar sebagai lanjutan dari Latihan Dasar yang telah digelar sebelumnya.

Kegiatan itu juga sebagai bagian dari menyiapkan anggota relawan Satgas pramuka peduli yang tanggap, tangguh dan memiliki jiwa kepedulian untuk berperan aktif dalam bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat.

Dewa Adi mengharapkan, Latihan pemantapan ini akan menjadi wahana pembelajaran bagi anggota muda dan anggota dewasa Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar. Sehingga, nantinya akan dapat membantu pemerintah dan masyarakat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Made Sukaidap, Pekaseh Gede Pura Er Jeruk mengakui, kerja bakti yang dilakukan Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar di pura Kahyangan jagat Er Jeruk menjadi bagian implementasi Tri Hita Karana, yakni Parahyangan, Pawongan, dan Pelemahan.

“Tri Hita Karana merupakan suatu konsep yang selalu menitikberatkan antara sesama bisa hidup secara rukun dan damai,” ujarnya.

Menurutnya, ngayah di Pura Pucak Er Jeruk juga bagian dari upaya mewujudkan lingkungan yang bersih menjelang Prawartaka Karya Pedudusan Agung, Segara Kertih, Tawur Balik Sumpah Agung Miwah Mupuk Pedagingan ring Pura Khayangan Jagat er Jeruk Desa Pakraman Sukawati, Kabupaten Gianyar, yang akan dilaksanakan 30 Januari 2019 sampai 9 Pebruari 2019 mendatang. (*)