Sanksi Denda untuk Pengunjung Alun-alun Purworejo Tak Bermasker

    


Alun-alun Purworejo, Kawasan wajib pakai masker - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Satpol PP Kabupaten Purworejo, gencar melakukan razia masker di alun-alun Purworejo, yang merupakan kawasan wajib mengenakan masker.

Setiap kali razia, petugas juga menyediakan masker bagi pengunjung yang lupa mengenakan masker.

Namun razia pada Sabtu malam (11/07/2020), terlihat beda dari biasanya. Sekitar 30 personil dari Satpol PP yang didukung oleh UPT Alun-alun, BPBD dan Dinkes, menerapkan tindakan pengusiran bagi pengunjung yang tak memakai masker.

“Kami akan memberikan sosialisasi dan pengusiran terhadap pengunjung dari kawasan alun-alun Purworejo yang tak memakai masker. Kedepannya kami akan menerapkan Perbub nomer 29 terakit sangsi denda Rp 50 ribu, bagi warga yang tidak menggunakan masker,” jelas Agus Pramono, Kasi Operasional dan Pengendalian Satpol PP dan Damkar Purworejo, di sela-sela razia.

Menurut dia, dalam Perbup nomer 29 tersebut ada aturan setiap warga harus taat dengan protokol kesehatan, yaitu wajib mengenakan masker terlebih di tempat umum. Tujuannya agar masyarakat memahami protokol kesehatan.

Agus melanjutkan sudah tidak ada lagi tindakan pemberian masker gratis, petugas sudah capek dan tidak ada efek jera bagi warga yang tetap membandel tidak mengenakan masker.

Lanjut Agus, razia masker tidak hanya berlangsung di alun-alun saja, melainkan ketempat wisata dan pasar.

“Langkah tegas ini ditempuh karena Kabupaten Purworejo diambang baik, menuju zona hijau untuk Covid-19.Ketika Covid-19 sudah melandai, maka di perlukan pengamanan yang ekstra,” pungkas Agus. (Jon)