Sambangi Unud, Indosat Ooredoo Buka Peluang Talenta Digital Ikuti IDCamp

    


Kiri-Kanan - Internal Komunikasi Indosat Ooredoo Mahfudh Marzuki, Head of Sales Bali & Nusra, Suzanna Permata, Assisten Vice President Regional Account Bali Nusra Made Handi Iswara Pasek Wijaya - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 23 ribu orang yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa bakal mengikuti program Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp). Program IDCamp dicanangkan sebagai salah satu Coorporate Social Responsible (CSR) dalam menciptakan digital talent di dunia pendidikan tanah air.

Universitas Udayana menjadi kampus ke-17 yang disambangi roadshow IDCamp di Bali, Selasa, 8 Oktober 2019, dari 20 kampus se-Indonesia.

Head of Sales Bali & Nusra, Suzanna Permata mengatakan, program perdana ini membuka 10 ribu pendaftar, namun hingga pekan pertama Oktober jumlah pendaftar mencapai 23 ribu orang.

“Melihat tingginya antusiasme peserta, pendaftaran IDCamp diperpanjang sampai 18 Oktober 2019. Kami yakin IDCamp akan melahirkan talenta-talenta muda digital berbakat untuk bersaing dengan talenta global serta ikut berperan memajukan ekonomi digital Indonesia,” jelas Suzanna di Kampus Teknik Universitas Udayana, Selasa, 8 Oktober 2019.

IDCamp merekrut bakat-bakat muda Indonesia di bidang digital, dalam peningkatan skill bahasa pemrograman atau coding yang diajarkan melalui modul secara online.

Tahun ini, PT Indosat memberikan beasiswa untuk10 ribu pelajar dan mahasiswa. Dari jumlah itu akan diseleksi menjadi 1.000 orang dengan status developer expert terverifikasi dan akan dipilih 100 orang developer expert yang mendapatkan akses pekerjaan.

Dari data, Internal Komunikasi Indosat Ooredoo Mahfudh Marzuki menyebutkan Indonesia kekurangan talenta digital. Sedangkan kebutuhan Indonesia sebanyak 600 ribu talenta digital per tahun. Di luar itu, ada 6 juta kesempatan kerja di industri digital.

“Ini yang jadi keprihatinan kami, yang kemudian memberikan kesempatan pelajar dan mahasiswa untuk belajar coding melalui IDCamp,” ujar Mahfudh.

Sementara, Assisten Vice President Regional Account Bali Nusra Made Handi Iswara Pasek Wijaya menambahkan, selama ini Indosat menjalin kerjasama dengan berbagai universitas dan pemerintah. Untuk dunia pendidikan bertujuan untuk mendigitalisasi kampus.

“Jadi akses Internet di setiap ruangan semakin mudah dilakukan, termasuk di pemerintahan dan korporasi,” kata Handi.

Indosat Ooredoo juga memiliki program IM3 DigiTalent bagi para siswa setingkat SMP dan SMA di Indonesia. Program ini mengajak generasi muda, untuk berani dan kreatif dengan memberikan tantangan tematik yang mengangkat aspek inspiratif, mengangkat budaya lokal, ekspresi bakat dan hal menarik lainnya yang ada di sekolah.

Total hadiah yang disediakan sebesar Rp 1 miliar hanya dengan mengunggah karya video kreatif mereka ke Youtube dan mendaftarkannya ke im3ooredoodigitalent.com. 

Program kompetisi Digital Talent ini berlangsung sejak 1 September hingga 31 Oktober 2019. Roadshow dilakukan ke 1.200 sekolah di seluruh Indonesia. (Way)