Rutan Purworejo Potong 4 Ekor Kambing Kurban

    


Penyerahan daging kurban oleh Karutan Purworejo, Lukman Agung Widodo, kepada warga binaan, Jum'at (31/07/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Di Hari Raya Idul Adha 1441 H, yang jatuh pada hari Jumat (31/07/2020), Rutan Purworejo menyelenggarakan kegiatan sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

Sholat Idul Adha diikuti oleh semua warga binaan, dan dilaksanakan di halaman rutan. Sebagai imam, Kyai Miftahudin dari pondok pesantren Daaruttauhid, Purworejo, dan khotib Kyai Farhan Sulistiono dari Kemenag Purworejo.

Dalam kotbahnya Kyai Farhan Sulistiono menyampaikan riwayat Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk melakukan qurban dengan menyembelih anaknya Nabi Ismail AS yang kemudian karena keikhlasan dan ketaatannya kepada Allah SWT akhirnya diganti dengan seekor kambing.

“Kita semua harus meneladani sikap Nabi Ibrahim dan juga Nabi Ismail karena keikhlasannya menjalankan perintah Allah SWT,” kata Kyai Farhan dalam tausiyahnya.

Pada Hari Raya Idul Adha kali ini, Rutan Purworejo melakukan penyembelihan empat hewan kurban. Penyembelihan sendiri
seluruhnya dilakukan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan, dengan panduan petugas.

“Keempat hewan kambing kurban ini, diperoleh dari bantuan wakil bupati, Polres Purworejo, Dr.Sururi
dan dari Ibu Hermin,” jelas Lukman Agung Widodo, Karutan Purworejo, usai kegiatan.

Setelah pemotongan hewan kurban selesai, Karutan Purworejo melaksanakan penyerahan daging secara simbolis kepada Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Purworejo didampingi dengan Kasubsi Pengelolaan, panitia kurban dan juga Komandan Jaga. (Jon)