Ribuan Pengawas TPS di Purworejo Dirapid Test

    


Para pengawas TPS di Purworejo, saat menjalani rapid test secara serentak, Sabtu (28/11/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 1.901 Pengawas TPS di Purworejo, menjalani rapid test secara serentak, Sabtu (28/11/2020), sebelum melaksanakan tugas di lapangan.

Ribuan Pengawas TPS yang tersebar di 494 desa/kelurahan tersebut menjalani rapid test di kecamatan masing-masing, oleh petugas Puskesmas kecamatan setempat.

“Rapid test tersebut dilakukan, untuk memastikan jajaran Pengawas TPS sehat dan tidak terpapar virus Covid-19 saat menjalankan tugas,” ujar Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Purworejo, Abdul Azis, Sabtu (28/10) saat melakukan monitoring kegiatan rapid test di Kecamatan Purworejo.

Jika nanti ditemukan Pengawas TPS hasilnya reaktif, kata Abdul Aziz, maka akan dilakukan swab oleh satgas Covid-19 19 yang dilakukan di Puskesmas masing-masing, atau akan dilakukan rapid test kembali pada tanggal 3 Desember.

Apabila pada tanggal 3 Desember hasil rapidnya masih reaktif, maka akan dilakukan Penggantian Pengawas TPS.

“Akan ada penggantian personel bila ditemukan Pengawas TPS yang hasilnya masih Reaktif pada rapid tes ditanggal 3 Desember 2020. Mami ingin memastikan kepada masyarakat, bahwa jajaran PTPS yang bertugas dilapangan terbebas atau aman dari virus Covid 19,” ungkap Abdul Azis.

Terpisah, Koordinator Hukum Humas Data dan Informasi Bawaslu Purworejo, Rinto Hariyadi mengatakan, kegiatan rapid test tersebut merupakan rangkaian cek kesehatan yang diikuti seluruh jajaran pengawas pemilu, mulai dari Bawaslu, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa hingga Pengawas TPS.

“Cek kesehatan berupa rapid test ini merupakan komitmen Bawaslu dalam mewujudkan pemilihan bupati dan wakil bupati yang bermartabat dan sehat,” kata Rinto. (Jon)