Ribuan Lowongan Kerja Tersedia di Job Fair 2019

    


Ribuan pencari kerja, memadati bursa kerja Job Fair 2019, yang berlangsung selama dua hari, dari Senin (22/4) hingga Selasa (23/4), di aula SMK N 1 Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 25 perusahaan, ambil bagian dalam Job Fair 2019, yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Purworejo. Job Fair (bursa kerja) yang berlangsung selama dua hari, dari Senin (22/4) – Selasa (23/4) di gedung aula SMK N 1 Purworejo itu, menyediakan 6.352 lowongan kerja.

Diharapkan, dari banyaknya lowongan tersebut, bisa terserap antara 500 – 1.500 tenaga kerja. Tahun lalu, pada event serupa, terserap 1.205 tenaga kerja
Hal itu diungkapkan Kepala Dinperinaker Kabupaten Purworejo, Gatot Suprapto, Senin (22/4).

“Tujuan dari Job Fair ini, sebagai fungsi pelayanan penempatan tenaga kerja, dimana pencari kerja dan pengguna tenaga kerja dapat bertemu secara langsung yang pada akhirnya diharapkan terjadi penempatan tenaga kerja,” ujar Gatot.

25 perusahaan yang mengikuti Job Fair ini, jelas Gatot Suprapto, dari perusahaan lokal maupun luar Purworejo, dengan latar belakang berbeda, dari Industri otomotif, tekstil dan produk tekstil, garmen, elektro, dan umum.

Perusahaan-perusahaan ini, Intan Pariwara, Pr. Indomarco Pristama, PT. Karyatama Mitra Sejati, PT. Anggun Kreasi Garmen, PT. Solaria, PT. Libra Permana, PT. Dian Yogya Perdana, Sritex. Optik Daimon, PT. Rencana Internasional IGP Bantul, PT. Telekomunikasi Smartfreen, PT Sejahtera, PT. Sukses Mandiri Utama, PT. Arami Jaya, PT. Anugrah Karya Hop Lum Indonesia, PT. Nasinak Indust Trisakti. PT lava Indo Corpora, PT. Busana Remaja Agracipta Bantul, Unggul Rejo Wasono, PT. Sami Jepara, PT. Midi Utama Indonesia, BRI Life dan PT. Pan Brother.

“Diprediksi, 3000 pencari kerja akan mengunjungi Job Fair ini,” kata Gatot

Job Fair dibuka secara resmi oleh Wabup Purworejo, Yuli Hastuti. Dalam sambutannya, Yuli Hastuti mengatakan, diselenggarakannya Job Fair 2019 ini merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten Purworejo untuk memfasilitasi dan mendekatkan para pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, utamanya dalam penerimaan atau membuka lowongan, serta melakukan seleksi secara langsung.

“Apabila nantinya diterima di salah satu perusahaan, untuk bisa bekerja dengan sebaik-baiknya dan terus berupaya meningkatkan kemampuan dan kualitas diri,” pesan Yuli Hastuti.

Usai membuka pameran bursa kerja Job Fair 2019, Yuli Hastuti berkesempatan meninjau stand-stand peserta. Begitu acara pembukaan selesai, ribuan pencari kerja langsung memasuki area Job Fair. (Jon)