Realisasikan Link and Match dengan DUDI, UMPWR Gandeng Nasmoco

    


Rektor UM Purworejo, Dr Rofiq Nurhadi, M.Ag, bersama Kepala Bengkel Nasmoco Magelang, Subhan Firdaus, saat meninjau pelayanan servis ringan kendaraan dalam program 'Nasmoco Magelang Go to Campus UM Purworejo', Rabu (18/11/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Merealisasikan link and match antara dunia pendidikan dengan DUDI (dunia usaha dunia industri), Pendidikan Teknik Otomotif (PTO) Universitas Muhammadiyah Purworejo, bekerjasama dengan Nasmoco Magelang.

Bentuk dari kerjasama itu, dengan meluncurkan spesial program ‘Nasmoco Magelang Go to Campus UM Purworejo’, Rabu (18/11/2020). Hal itu ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan pita, yang dilakukan oleh Rektor UM Purworejo, Dr Rofiq Nurhadi, M.Ag, bersama Kepala Bengkel Nasmoco Magelang, Subhan Firdaus.

Dalam acara launching yang berlangsung di aula UM Purworejo tersebut, juga dihadiri oleh Dekan FKIP Yuli Widiyono, M.Pd, Wakil Rektor 4 Tri Ermayani, M.Ag, Kaprodi PTO Dwi Jatmoko, M.Pd, para kepala SMK binaan Nasmoco, para mahasiswa jurusan PTO, serta segenap tamu undangan.

Dalam kesempatan tersebut, Subhan Firdaus menyampaikan, bahwa kegiatan Nasmoco Magelang Go to Campus UM Purworejo, sebagai bentuk kerjasama yang intensif, yang merealisasikan link and match antara dunia pendidikan dan dunia usaha dunia industri (DUDI).

“Realisasi ini dalam bentuk yang nyata, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, meningkatkan kompetensi mahasiswa, meningkatkan image daripada perguruan tinggi khususnya UM Purworejo dan menambah kemitraan dengan Nasmoco Magelang,” ujar Subhan Firdaus.

Menurut Subhan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama dua hari, dari Rabu (18/11/2020) hingga Kamis (19/11/2020). Selama dua hari itu, dari Nasmoco akan memberikan edukasi pelayanan, bagaimana merawat mobil dengan benar, cara kerja yang benar, menggunakan alat-alat kerja yang benar dan menggunakan standar operasional prosedur yang ada di dunia industri.

Subhan berharap, calon-calon pendidik dari Universitas Muhammadiyah Purworejo jurusan pendidikan otomotif ini bisa lebih kompetensi, bisa mempunyai kompetensi yang lebih, punya daya saing dan daya serap yang lebih, dan lebih di tahun-tahun mendatang.

“Selama dua hari program berlangsung, sudah ada 40 masyarakat sekitar yang memanfaatkan program cukup hemat di program-program kita, sama peduli pandemi covid di tahun 2020. Mereka akan melakukan servis ringan disini, dan ditangani langsung oleh mekanik dari Nasmoco,” ujar Subhan.

Terpisah, Nurhadi, selaku Rektor UM Purworejo mengaku sangat bangga dan gembira program kerja sama ini yaitu Nasmoco Go to Campus.

Nurhadi berharap, dengan program yang semacam ini, eksistensi universitas, khususnya program studi PTO semakin kokoh di dalam menyiapkan SDM yang siap untuk diterjunkan di dunia industri.

“Transfer ilmu dan skill, saya kira nanti akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa di dalam pengembangan kompetensi yang dipelajari atau digeluti selama ini, sehingga nanti siap untuk diserap di dunia industri,” ujar Nurhadi. (Jon)