Razia Kendaraan, Polisi Jaring Puluhan Motor Liar

    


Razia kendaraan bermotor yang dilakukan Satlantas Polres Kebumen, Sabtu malam (4/8), di depan rumah dinas Bupati Kebumen, dengan sasaran utama sepeda motor berknalpot brong - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Puluhan motor berknalpot brong, atau yang bersuara bising, ditilang Satlantas Polres Kebumen, dalam sebuah razia kendaraan bermotor, Sabtu malam (4/8).

Dalam razia yang digelar di depan pendopo rumah dinas Bupati Kebumen tersebut, yang jadi sasarannya para pengendara sepeda motor pengunjung alun-alun Kebumen.

“Sasaran razia, diantaranya penggunaan knalpot brong atau kenalpot bersuara bising pada sepeda motor,” jelas Kabag Ops Polres Kebumen, Kompol Cipto Rahayu, Senin (6/8), ang malam itu memimpin jalannya operasi.

Menurut Cipto, penggunaan knalpot bersuara bising sangat menggangu pengguna jalan lain dan termasuk pelanggaran lalu lintas. Selain pengguna knalpot brong, polisi juga menilang banyak pelanggar, yang umumnya tidak dapat menunjukkan kelengkapan berkendara, tanda nomor kendaraan yang tidak sesuai dengan spektek, dan Vespa tidak standard.

Untuk memberikan efek jera, ungkap Cipto, para pengendara motor yang memasang knalpot bersuara bising diminta untuk mendekatkan telinganya selanjutnya kendaraan “diblayer” atau digas.

Dalam razia tersebut, Polres Kebumen berhasil menindak 70 pelanggar, karena tidak sesuai peraturan berkendara. Para pelanggar tersebut ditilang dan harus mengikuti persidangan pada tanggal 23 Agustus 2018 mendatang.

Khusus para pengendara yang memasang knalpot bersuara bising, harus mengganti dengan knalpot standar pabrik sebelum dibawa pulang. (Jon)