Ratusan Pekerja Migran Malam ini Tiba di Bali, Protap Karantina Diberlakukan

    


Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) salah satu tempat yang akan digunakan untuk karantina pekerja migran asal Bali - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 205 pekerja migran Indonesia asal Bali malam ini, akan tiba di Bali melalui bandara Ngurah Rai,
Minggu, 22 Maret 2020.

Ratusan pekerja migran itu bekerja sebagai TKI/TKW maupun pekerja kapal pesiar yang diantaranya, pernah singgah di 8 negara.

Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Indra menjelaskan, begitu tiba di Bali semuanya akan masuk karantina.

“Bali telah menyiapkan tempat karantina bagi Pekerja Migran ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Dewa Indra dalam pertemuan di Ruang Rapat Inspektorat Provinsi Bali, Minggu, 22 Maret 2020.

Kasatgas Penanggulangan Covid-19 meminta, keluarga tidak melakukan penjemputan. Skema pejemputan sudah disiapkan otoritas berwenang dan langsung diarahkan ke sejumlah tempat karantina.

Beberapa tempat telah disiapkan untuk menampung sementara yakni, Bapelkes Tantu Jalan By Pass Prof IB Mantra, BPSDM Jalan Hayam Wuruk Denpasar dan Balai Latihan Perhubungan Batubulan.

“Satgas juga sudah menyiapkan skema penjemputan para pekerja migran ini dari Bandara dengan melibatkan semua stakeholder. semuanya menjalani pemeriksaan sesuai protap dan akan ditempatkan di tempat karantina yang telah ditetapkan,” kata Dewa Indra.

Pihaknya mengatakan, dalam waktu dekat bantuan rapid test akan datang segera didatangkan. Sehingga para pekerja migran dan masyarakat lainnya bisa melakukan tes covid-19 secara cepat.

“Dengan rapid test itu, (pekerja migran) yang hasilnya negatif bisa pulang,” ujarnya. (Way)