Ratusan Calon Pekerja Migran dari Purworejo Siap Diberangkatkan ke Luar Negeri

    


Para calon pekerja migran dari Purworejo saat mengikuti Pembekalan Akhir Pemberangkatan, Selasa (06/12/2022) di aula BLK Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Ratusan orang calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Kabupaten Purworejo, siap diberangkatkan ke luar negeri. Kesiapan itu ditandai dengan keikutsertaan mereka mengikuti orientasi bernama Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP), Selasa (06/12/2022) di aula BLK Purworejo.

Kegiatan orientasi difasilitasi oleh Dinas Perindustrian Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Dinperintransnaker) Kabupaten Purworejo bersama PT Dian Yogya Perdana Cabang Purworejo selaku Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) dengan menghadirkan sejumlah narasumber dari Dinperintransnaker Purworejo, PT Dian Yogya Perdana Cabang Purworejo dan BKK SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.

Menurut Kepala Dinperintransnaker Purworejo melalui Minarningsih selaku Mediator Hubungan Industrial Ahli Madya, PAP menjadi sebuah tahapan penting bagi calon PMI sebelum berangkat kerja ke luar negeri. Pihaknya pun kembali mengingatkan apa saja yang perlu disiapkan.

“Kita ingatkan mereka kembali agar dokumen-dokumen resmi betul-betul dipegang, seperti KTP, paspor, surat izin wali, sertifikat kompetensi, surat kesehatan, surat perjanjian kerja, asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan,” kata Minar, Rabu (07/12/2022).

Begitu sampai ke tujuan, Minar juga mengingatkan agar langsung mencari KJRI atau Kedubes setempat dan jalin komunikasi dengan P3MI.

Kesiapan lainnya yang perlu dipastikan, menurut Minar, terkait keterampilan berbahasa atau komunikasi. Dengan bekal itu diharapkan mereka mampu bekerja secara produktif dan pada ujungnya dapat meningkatkan kesejahteraan.

Dijelaskan oleh Minar, para calon pekerja migran berjumlah 140 orang perempuan itu nantinya akan bekerja di dua perusahaan elektronik di Malaysia, pabrik Shin-Etsu dan Dominat. Pemberangkatan dijadwalkan berlangsung pada Desember 2022 dan Januari 2023.

“Semoga mereka sukses, berangkat sebagai migran, pulang sebagai juragan,” pungkas Minar. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS