Rail Clinic PT KAI Mulai Beroperasi

    


Kereta Rail Clinic saat operasi perdana di Stasiun Wojo, Bagelen, Purworejo - foto: Sujono

KORANJURI.COM – Setelah diresmikan oleh Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro pada Sabtu (12/12) lalu di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rail Clinic, yang merupakan kereta kesehatan milik PT KAI akhirnya resmi beroperasi.
Pengoperasian perdana Rail Clinic ini, dilakukan di Stasiun Wojo, Bagelen, Purworejo, Jateng pada Sabtu, 19 Desember 2015. Masyarakat di sekitar Stasiun Wojo dapat menikmati layanan kesehatan secara gratis di Rail Clinic.

Dirut PT KAI, Edi Sukmoro, Rail Clinic merupakan bentuk kegiatan tanggungjawab sosial PT KAI (CSR) kepada masyarakat. Pembuatan Rail Clinic dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberi pelayanan lebih pada masyarakat Indonesia di bidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA.

“Kedepan, kami berharap dapat bekerja sama dengan BUMN atau lembaga lain dalam memberikan pelayanan kesehatan di daerah-daerah yang jauh dari fasilitas kesehatan, namun dapat terjangkau oleh kereta api,” ujar Edi Sukmoro di sela-sela acara.

Lebih jauh Edi Sukmoro mengungkapkan, pelayanan kesehatan yang dapat dinikmati di Rail Clinic adalah pelayanan kesehatan tingkat pertama, meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, serta pelayanan kefarmasian.

Untuk kemudahan operasi, kata Edi Sukmoro, diperlukan kereta yang tidak tergantung lokomotif, sehingga pengaturan operasional Rail Clinic dapat lebih leluasa. Nantinya akan ada jadwal yang mengatur itu.

“Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama,” jelas Edi Sukmoro.

Operasi perdana Rail Clinic ini, dihadiri sejumlah pejabat, antara lain, Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN, Pontas Tambunan, Staf Ahli Kementerian Perhubungan sekaligus Komisaris PT KAI, Riza Permadi, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Pj Bupati Purworejo, Dirut PT KAI Edi Sukmoro, dan EVP Daop 6 PT KAI, Hendy Helmy beserta jajaran.
 
 
Jon

Hits: 0