Putri Koster Dorong Produk Kreatif Busana Kembali Berjaya

    


Ny. Putri Koster Hadir dalam acara Bali Model Ke-5 di UC Silver, Batu Bulan, Gianyar, Bali, Sabtu, 4 Mei 2019 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Ketua Dekranasda Provinsi Bali Putri Suastini Koster mendukung pagelaran event kreatif. Putri Koster Hadir dalam acara Bali Model Ke-5 di UC Silver, Batu Bulan, Gianyar, Bali, Sabtu, 4 Mei 2019.

Menurut Putri Koster, kreator kerajinan maupun desainer memiliki prospek yang bagus kedepannya. Melalui event-event kreatif, diharapkan mampu menciptakan karya-karya yang dapat bersaing di tingkat global.

“Tentunya tetap mengedepankan kearifan lokal daerah masing-masing. Kalau di Bali gunakan Endek, kalau di Jawa gunakan Batik,” jelas Putri Koster, 4 Mei 2019.

Karya desainer busana tanah air, menurutnya sempat booming di era 80-an. Jika sentra produksi tumbuh dan event-event sebagai sarana promosi selalu digelar, dirinya meyakini karya para desainer busana dari Bali dan tanah air akan kembali berjaya.

“Semakin sering dilaksanakan even seperti ini, saya harapkan dapat menumbuhkan UKM-UKM di Bali seperti tahun 80-an. Saat itu, banyak garmen yang lahir untuk memenuhi kebutuhan luar negeri,” tambahnya.

Terkait hal itu, menurut Putri Suastini, salah satu peran pemerintah adalah memfasilitasi dalam memberikan jaminan standar produk dan harga.

Sehingga, para desainer mendapatkan kepastian dalam memasarkan produknya. Termasuk, memastikan agar tidak terjadi persaingan tidak sehat yang dapat merusak harga pasar.

“Serta adanya sertifikasi mutu untuk menjaga kelayakan produk,” ujarnya demikian. (*)