Purworejo Berbenah Sambut Tahun Kunjungan Wisata 2020

    


KORANJURI.COM – Bupati Purworejo Agus Bastian, meminta pada masyarakat Kabupaten Purworejo, ikut mewujudkan Romansa Purworejo – Tahun Kunjungan Wisata 2020.

Untuk mendukung hal itu, bupati mengajak masyarakat bersama-sama mengembangkan potensi-potensi pariwisata yang ada.

Hal itu disampaikan Agus Bastian, saat melakukan dialog interaktif dengan warga Desa Jati, Kecamatan Bener, dalam kegiatan Bupati Saba Desa, Senin (16/4) malam.

Di hadapan warga Jati, para kepala desa se Bener, para camat dan kepala OPD, bupati melakukan dialog interaktif, dengan tema Pengembangan Wisata Terpadu Mendukung Kawasan Otorita Borobudur. Desa Jati sendiri, memperkenalkan obyek wisata Sikepel dalam kesempatan tersebut.

Acara itu, diselingi dengan penyerahan bantuan rumah layak tidak huni, juga penyerahan hadiah pemenang lomba gotong royong.

“Saya merasa bangga, bisa berada di tengah-tengah warga masyarakat Desa Jati dan sekitarnya di wilayah Bener, yang punya potensi alam luar biasa, dan bisa dikembangkan untuk obyek wisata,” kata Agus Bastian, yang didampingi Wabup Yuli Hastuti, serta para pejabat lainnya.

Kegiatan Bupati Saba Desa, menurut Agus Bastian, merupakan sarana silaturahim antara Bupati Purworejo bersama jajarannya, dengan warga masyarakat desa di wilayah Kabupaten Purworejo. Dengan kegiatan ini, tentunya akan mencapai keadaan yang lebih baik bagi warga masyarakat Kabupaten Purworejo.

Menurut bupati, potensi-potensi yang dimiliki desa-desa di wilayah Kabupaten Purworejo, bisa dikembangakan lebih optimal. Adanya potensi desa yang dikembangkan dengan baik, akan menumbuhkan situasi desa yang gemah ripah loh jinawi, dan masyarakat lebih sejahtera.

“Desa merupakan ujung tombak program pembangunan daerah. Dengan adanya desa yang maju, daerah juga ikut maju. Begitu juga sebaliknya,” kata Agus Bastian.

Dengan adanya megaproyek bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di wilayah Kulonprogo, Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur dan pembangunan Bendung Bener, diharapkan bisa menjadi peluang bagi warga Kabupaten Purworejo, dalam mengembangkan potensi yang dimiliki buat kemajuan daerah, dan juga peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Jangan sampai masyarakat Purworejo hanya jadi penonton dengan adanya megaproyek tersebut,” pesan Agus Bastian.

Kegiatan Bupati Saba Desa, dilanjutkan dengan jalan sehat keesokan harinya, Selasa (17/4) pagi, serta penanaman pohon kepel di obyek wisata Sikepel. Acara makin meriah, dengan pembagian doorprise untuk peserta jalan sehat, dengan hiburan kesenian lengger. (Jon)