Puluhan Tukang Becak Ikuti Lomba Becak Kayuh

    


Seorang peserta sedang melintas di rute yang sudah ditentukan, pada Lomba Becak Kayuh, dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke 73, yang diselenggarakan Satlantas Polres Purworejo, Kamis (16/8/2018) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 25 tukang becak, ambil bagian dalam Lomba Becak Kayuh, dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 73, yang diselenggarakan oleh Satlantas Polres Purworejo, Kamis (16/8).

Dalam lomba yang dilaksanakan di halaman Unit Laka Lantas ini, dibuka secara resmi oleh Kapolres Purworejo, AKBP Teguh Tri Prasetya, dengan disaksikan sejumlah pejabat utama Polres Purworejo.

“Lomba ini, untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 73, juga sebagai bentuk empati pada para tukang becak, dan kegiatan sosial. Semua peserta, dapat bingkisan,” jelas Kapolres Purworejo.

Dalam lomba becak kayuh dan ketangkasan ini, kata kapolres, kriteria yang dinilai, meliputi waktu, ketrampilan, dan ketangkasan. Peserta, harus melewati rute yang sudah dipersiapkan.

Syarat bagi peserta, becak harus memenuhi standar keselamatan, atap becak harus dipasang, tidak menabrak cone (pembatas), serta diperhitungkan waktu/kecepatannya.

Para peserta saling bersaing, untuk melewati rute, tanpa menyenggol cone. Meski sempat diwarnai insiden, ketika seorang peserta terjatuh saat mengelilingi rute angka delapan, namun perlombaan berjalan lancar dan meriah.

Setelah diadakan penilaian oleh para dewan juri, akhirnya diputuskan para pemenangnya. Juara 1 diraih Rohmat, disusul Agus dan Tuhono di juara 2 dan 3.

Untuk juara harapan 1, diraih Slamet, juara harapan 2 Marsono, dan juara 3 Rahmad. Untuk juara favorit, diraih Tuhono, dan juara ketangkasan diraih Riyadi.

“Kegiatan ini juga sebagai sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas. Mereka, kita fungsikan sebagai agen untuk tertib lalu lintas di jalan,” terang Kapolres Purworejo, yang didampingi Kasatlantas, AKP Nyi Ayu Fitria Facha. (Jon)