Puluhan Ribu Onthelis Dunia Bakal Banjiri Bali

    


KORANJURI.COM – Bali bakal dibanjiri para pegowes sepeda tua dari seluruh dunia. Tak kurang 10 ribu pegowes akan berkeliling Bali setelah mereka menjalani rute sepanjang 1.500 km dari Pantai Anyer Banten dan finish di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Bali, pada Minggu, 15 April 2018 mendatang.

Ketua Panitia International Veteran Cycle Association (IVCA) 2018, Bambang Waluyojati menargetkan 10.000 penggemar sepeda tua dari berbagai negara akan kumpul di Bali meramaikan kongres dan reli asosiasi sepeda tua internasional yang dipusatkan di Grand Inna Bali Beach.

Mulai Kamis (12/4), acara yang akan berlangsung hingga 15 April itu diisi berbagai acara, mulai culture ride sejauh 20 km, penanaman mangrove di Pantai Serangan, Vintage Bicycle Villade dengan mengusung tema ‘Kampoeng Jadoel’ serta funa race berbagai kategori.

Menurut Bambang Waluyojati, sebelum acara IVCA 2018 digeber di Denpasar Bali,  diawali kegiatan kirab estafet trofi IVCA oleh 10 peserta inti dan ratusan penggemar sepeda tua anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI).

Bergerak mulai dari Pantai Anyer, Banten pada 24 Maret yang lalu, pegowes sepeda tua ini menggowes sejauh 1.500 km dengan melewati 20 kota di sepanjang Pulau Jawa dan Bali. Akhirnya peserta tiba di Pantai Matahari Terbit Sanur pada 10 April 2018.

Puncak acara nanti akan melakukan parade sepeda international berkeliling Denpasar sejauh 25 km. Lokasi start dimulai dari Grand Inna Bali Beach. Para peserta akan menggunakan pakaian khas negara masing-masing dalam semangat keberagaman.
Sementara peserta dari Indonesia akan mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah. Parade sepeda tua dengan target 10 ribu peserta ini akan memecahkan rekor Guinness Book of Record dalam kategori Parade Sepeda Klasik Terbesar di seluruh dunia.

“Ini memang ajang berkumpulnya penggemar sepeda tua seluruh Indonesia,” tandas Bambang Waluyojati.

Indonesia menjadi tuan rumah IVCA 2018 merupakan sebuah kebanggaan. Karena Indonesia negara pertama di Asia yang menjadi tuan rumah sejak  Kongres IVCA pertama kali dilakukan di Grantham, Inggris pada 1981.

“Hampir ada 25 juta orang onthelis di Indonesia dan sudah terbentuk 26 Pengprov di tingkat provinsi. Acara ini juga akan dihadiri Menteri Pariwisata. Maka kami berharap ini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan,” pungkas Bambang Waluyojati. (Ari)