Puluhan Guru PAUD dan TK Ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Musikal Dasar

    


Puluhan guru TK/PAUD dari berbagai wilayah se Kabupaten Purworejo, saat mengikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Musikal Dasar, Sabtu (14/3/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sekitar 50 orang guru PAUD dan TK dari berbagai wilayah se Kabupaten Purworejo, mengikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Musikal Dasar, Sabtu (14/3).

Patihan yang berlangsung di Gedung Dakwah Muhammadiyah Purworejo itu, menghadirkan pemateri Sigit Baskara The Q. (Music Composition, LSBO PP Muhammadiyah, Bhumi Jogja Thalent School).

“Pelatihan ini, merupakan hasil kerjasama antara SDKUB (Sekolah Dasar Kepemimpinan Untuk Bangsa) Muhammadiyah Purworejo, dengan IGABA, dan Dindikpora,” jelas Nurydin, dari Tim Pengembang SDKUB Muhammadiyah Purworejo.

Pelatihan tersebut, menurut Nuryadin, merupakan bagian dari sosialisasi dan promosi SDKUB Muhammadiyah Purworejo supaya lebih dekat dengan pangsa pasar, dan merupakan bagian dari komitmen sekolah, yang melihat lagu-lagu TK saat ini kurang pas.

Dan syairnya itu, kata Nuryadin, bisa diganti dengan lagu-lagu yang ada dasar agama dan rasa nasionalismenya, terutama bagi sekolah yang berbasis agama. Dengan cara itu, siswa akan lebih mudah menghafalnya.

“Peran guru PAUD/TK sangat penting dan mendasar. Jika dasarnya baik, tentu hasilnya akan baik. Begitu juga sebaliknya,” kata Nuryadin.

Nuryadin berharap, guru-guru TK/PAUD bisa lebih cerdas lagi setelah mengikuti pelatihan. Mereka bisa memasukan materi pelajaran lewat lagu-lagu yang familiar di telinga, dan mengganti syairnya, dengan doa-doa.

“Dengan pelatihan ini, semoga hubungan antara SDKUB dengan para guru TK/paud makin baik,” pungkas Nuryadin. (Jon)