PT Komatsu Indonesia Buka Kelas Komatsu di SMKN 1 Purworejo

    


Penyerahan modul (kurikulum) budaya industri, dari Direktur PT Komatsu Indonesia, Risdhianto Budi Irawan, kepada Kepala SMKN 1 Purworejo, Budiyono, Rabu (7/8) lalu di Jakarta - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Direktur PT Komatsu Indonesia, Risdhianto Budi Irawan, secara resmi telah melaunching Kelas Komatsu, bagi 35 SMK se Indonesia. Launching dilakukan Rabu (7/8) lalu di Jakarta, yang dihadiri 35 Kepala SMK binaan PT Komatsu.

SMK N 1 Purworejo, merupakan salah satu SMK yang membuka Kelas Komatsu ini. Keberadaan kelas ini, merupakan tindak lanjut dari link and match antara SMK dengan dunia industri, khususnya antara PT Komatsu Indonesia, sebuah industri alat berat, dengan SMK N 1 Purworejo.

“Hal ini (kerjasama), ditandai dengan MoU pada 2017 lalu, dalam bidang pemagangan siswa dan guru, maupun bantuan berupa peralatan. Tindak lanjut dari semua itu, dengan dibukanya Kelas Komatsu ini,” jelas Budiyono, SPd, MPd, Kepala SMK N 1 Purworejo, Kamis (15/8).

Tindak lanjut dari awal kerjasama, kata Budiyono, dengan pengiriman guru jurusan teknik pengelasan ke Komatsu selama dua minggu untuk menjalani pelatihan, Sulistyono dan Hendro, yang dikirim secara bergantian. Juga siswa yang magang, dan langsung diangkat karyawan.

Kelas Komatsu ini, kata Budiyono, khusus untuk jurusan Teknik Pengelasan, dari kelas X, XI, XII, dengan jumlah total siswa 96 siswa. Di kelas ini, memadukan antara kurikulum pendidikan dengan kurikulum di dunia industri. Menyelaraskan kebutuhan industri, khususnya Komatsu, dengan kurikulum sekolah.

Dalam periode tertentu yang terjadwal, dari pihak Komatsu akan mengirimkan instrukturnya ke SMK N 1 Purworejo untuk penyampaian materi tentang kurikulum yang bermuatan budaya industri Komatsu.

“Harapannya, siswa bisa memenuhi kebutuhan industri Komatsu. Meski secara internal ada seleksi, kuota untuk SMK binaan ini 5 orang, yang langsung magang dan diangkat karyawan di Komatsu,” pungkas Budiyono. (Jon)