Provinsi Bataan, Filipina Studi Tiru ke Bali untuk Kembangkan Pariwisata

    


Wakil Gubernur Bali Cokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menerima kunjungan studi tiru pariwisata dari Provinsi Bataan, Filipina - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menerima kunjungan Delegasi Provinsi Bataan Filipina, Sabtu (3/12/2022).

Pertemuan itu terkait pertukaran informasi pembangunan pariwisata provinsi Bali yang ingin diadopsi oleh Provinsi Bataan.

Delegasi Bataan Maria Angela S. Garcia mengatakan, Bataan memiliki pemandangan alam yang indah seperti Bali. Pihaknya ingin mengadopsi cara-cara pembangunan pariwisata di Bali. Baik dari segi pendekatan kepada masyarakat, investor serta pengelolaan lainnya.

Wakil Gubernur Bali Cokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan, dalam periode Bali Era Baru ini Pemprov Bali melakukan manuver penggerak ekonomi Bali.

salah satunya adalah penguatan Potensi Sumber Daya Lokal Alam, Krama, dan Kebudayaan Bali yang diwariskan.

“Itu merupakan potensi dan kekuatan yang besar untuk membangun perekonomian Bali berbasis sumber daya lokal melalui sektor pertanian, kelautan dan perikanan,” kata Cok Ace.

Industri kerajinan rakyat berbasis budaya akan mendukung pariwisata Bali ke depan. Perjalanan panjang pariwisata Bali dengan berbagai kejadian gangguan keamanan, bencana alam dan non alam, serta pandemi covid-19, memberikan pembelajaran tentang rentannya perekonomian Bali yang bertumpu pada sektor Pariwisata.

Menurut Cok Ace menambahkan, seluruh program pembangunan Bali harus dimulai dengan menggali taksu di setiap wilayah.

“Secara sakala prioritas pembangunan di setiap wilayah kabupaten/kota harus didasari karakteristik geografis, demografis, serta potensi sumber daya dominan,” jelas Wagub. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS