Prodi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Purworejo Terakreditasi B

oleh
Muhamad Taufik, MT, Dekan Fakultas Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Program studi Teknik Sipil pada program sarjana Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), akhirnya meraih akreditasi B. Hal itu berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) bernomor: 4597/SK/BAN-PT/Akred/5/XII/2017 tertanggal 5 Desember 2017.

Demikian dijelaskan Dekan Fakultas Teknik UMP, Muhamad Taufik, MT. Harapannya, kata Taufik, setelah mendapat akreditasi B ini, UMP bisa bekerjasama di bidang pendidikan untuk masyarakat luas, khususnya lulusan SLTA, dan juga kalangan birokrasi (pegawai pemerintahan) yang ingin melanjutkan studi.

“Itu artinya, kwalitas kita sudah diakui pemerintah. Jadi siapapun yang ingin melanjutkan studinya di prodi teknik sipil, tak perlu ragu lagi,” jelas Taufik, Jum’at (9/2)

Menurut Taufik, sesuai aturan, bagi kalangan pegawai negeri yang ingin melanjutkan studinya, sebagai salah satu syarat dalam hal kenaikan pangkat, harus melanjutkan di universitas dan program studi yang sudah terakreditasi, minimal B. dan itu sudah terpenuhi prodi teknik sipil UMP.

Saat ini, kata Taufik, jumlah mahasiswa prodi teknik sipil pada fakultas teknik UMP mencapai 200 orang. Dengan diraihnya akreditasi B ini, Taufik yakin, jumlah mahasiswanya akan bertambah.

“Kita siap menerima mahasiswa transferan, atau para pegawai yang ingin melanjutkan studinya,” ujar Taufik.

Diakui oleh Taufik, tak mudah untuk bisa mendapatkan akreditasi B ini. Diperlukan waktu 2 tahun untuk menyiapkan segala sesuatunya.

Beberapa hal yang diberi penilaian oleh tim BAN-PT, meliputi SDM, fasilitas/sarana prasarana, proses perkuliahan (belajar mengajar), kegiatan penelitian untuk mahasiswa dan pengabdian masyarakat oleh dosen, kelulusan, alumni, serta anggaran yang diperuntukkan per mahasiswa.

Prodi teknik sipil ini sendiri, terang Taufik, sudah berdiri sejak 1999, seiring berdirinya UMP, dan sudah mengalami 3 kali akreditasi. Akreditasi B ini, merupakan yang pertama sejak berdiri.

“Kedepan, kita berharap bisa lebih meningkat lagi. Ini semakin menambah kepercayaan masyarakat untuk kuliah di sini,” pungkas Taufik. (Jon)

KORANJURI.com di Google News