Pria Spesialis Pencuri Sepeda Akhirnya Menyerah Dibekuk Polisi

    


RHM, warga Mranti, Purworejo, tersangka pencuri spesialis sepeda, kini ditahan di Mapolsek Purworejo, dengan sejumlah barang bukti - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Berakhir sudah, petualangan RHM (25), warga Krajan, Mranti, Purworejo sebagai pencuri spesialis sepeda. Dia kini mendekam di sel tahanan Mapolsek Purworejo, setelah Unit Reskrim Polsek Purworejo membekuknya, Jum’at (12/10) malam.

Dari tangan RHM, polisi menyita sejumlah barang bukti, antara lain, beberapa sepeda dari berbagai jenis, kunci pas, serta cat pylox.

Dijelaskan oleh Kapolsek Purworejo, AKP Markotib, bahwa tersangka dibekuk polisi, saat bertransaksi dengan pembeli di alun-alun Purworejo, tanpa perlawanan.

“Sebelum melakukan pencurian, tersangka melakukan survey lapangan dulu. Barulah malam harinya dia melakukan aksinya saat situasi sedang sepi. Sasarannya, sepeda yang ada di luar rumah,” jelas Markotib, didampingi Kasubag Humas, Iptu Siti Komariah.

Dari pengakuan tersangka, kata Markotib, dia sudah melakukan pencurian sepeda setahun belakangan ini. Hampir setiap minggu sekali, tersangka melakukan aksi pencurian di sejumlah wilayah Kota Purworejo.

Supaya aksinya tidak terlacak, tersangka mengoplos dan mengecat sepeda hasil curiannya. Sepeda-sepeda tersebut, dijual secara online melalui akun FB milik tersangka bernama Kiki Asiska. Sepeda-sepeda tersebut dijual dengan harga antara Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu perbuah.

Terakhir aksi tersangka melakukan pencurian, ujar Markotib, dilakukan di rumah Kuswanto, di Tegalsari, Purworejo pada Sabtu (6/10). Dari sinilah, polisi berhasil mengungkap dan menangkap tersangka.

Dia memilih spesialis sepeda, karena mudah mencurinya, dan mudah penjualannya. Hasil penjualan sepeda curiannya, digunakan tersangka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Tersangka kita jerat dengan pasal 364 KUHP Jo pasal 64 ayat (3) atau pasal 362 KUHP, tentang pencurian biasa, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara,” pungkas Markotib. (Jon)