Presiden dan Ibu Negara Hadiri HUT Ke-50 Batik Danar Hadi

    


Syukuran peringatan perjalanan 50 tahun Batik Danar Hadi dihadiri Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana Jokowi Widodo di ndalem Wuryaningratan, Solo - foto: Djoko Judianto/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Peringatan 50 tahun perjalanan Batik Danar Hadi dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana Jokowi Widodo.

Hari ulang tahun legenda batik di Kota Solo itu berlangsung dengan syukuran di Ndalem Wuryaningratan Danar Hadi, Sabtu, 9 Desember 2017.

Memberikan sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, Danar Hadi telah menjadi ikon batik Nusantara.

“Danar Hadi telah menjadi pejuang batik, sehingga nama batik saat ini harum dimana-mana,” ujar Presiden Jokowi Widodo, Sabtu, 9 Desember 2017

Selain itu, kata Presiden, jiwa ekonomi kreatif batik Danar Hadi memberikan kontribusi besar akan khasanah budaya Indonesia.

2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik sebagai budaya lisan dan non benda. Tanggal itu kemudian ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

“Untuk itu saya menyambut baik dan selamat atas perayaan 50 tahun batik Danar Hadi dan juga peluncuran buku sejarah batik Danar Hadi,” jelas Presiden Jokowi. (Jud)