Pramuka Saka Wira Kartika SMK YPT Purworejo Juara Dua Krida Navigasi Darat

    


Kontingen Pramuka Saka Wira Kartika SMK YPT Purworejo, didampingi Kepala Sekolah, Toto Wibawa, S.Pd, dan Pembina OSIS dan Pramuka, Drs Amin Fazri - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kontingen Pramuka Saka Wira Kartika dari SMK YPT Purworejo, meraih juara dua Krida Navigasi Darat, dalam kegiatan Persami Pramuka Saka Wira Kartika TA 2019 di Dodik Secata Gombong. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, dari Jum’at (21/6) hingga Minggu (23/6).

Persami Pramuka Saka Wira Kartika ini, diikuti kontingen dari 36 kabupaten/kota se Jateng-DIY, dalam binaan Kodam IV Diponegoro. Selain dari SMK YPT, kontingen dari Purworejo juga diwakili tim dari SMK TKM. Di Purworejo sendiri, ada 9 sekolah SMK dan SMA yang kepramukannya dalam binaan Kodim 0708 (TNI AD).

Untuk kontingen dari Purworejo, didampingi dua personel Kodim 0708, Sertu Muhammad Rifai dan Serma Pramono. Atas prestasinya ini, kontingen SMK YPT Purworejo mendapatkan tropi dan piagam penghargaan.

“Suatu kebanggaan tersendiri, kontingen kita bisa meraih juara dua tingkat Jateng-DIY. Kita mengirimkan sepuluh peserta, enam peserta pria, dan empat peserta wanita,” ujar Toto Wibawa, S.Pd, Kepala SMK YPT Purworejo, Selasa (25/6).

Menurut Toto, pencapaian prestasi ini, berkat kerjasama yang baik antara SMK YPT dengan Kodim 0708. Toto juga berharap, kerjasama ini bisa lebih ditingkatkan lagi.

Aris Wijayanto, selaku Pimpinan Sangga Pramuka Saka Wira Kartika dari SMK YPT Purworejo, saat mendampingi Toto menjelaskan, dalam kegiatan Persami tersebut, pada hari pertama diisi dengan kegiatan upacara pembukaan, pendirian tenda, serta pentas seni.

“Kontingen dari Purworejo menampilkan tari ndolalak dengan peserta 50 orang,” jelas Aris, siswa kelas XII jurusan TKR ini.

Dalam kegiatan tersebut, kata Aris, ada pelaksanaan lomba, meliputi K3 (Kebersihan, Kerapian, Kekreatifan) dan Relly Krida. Dalam K3, yang mendapat penilaian, kekreatifan kontingen dalam menghias tenda.

Dalam Relly Krida, yang dilaksanakan pada hari ketiga, terang Aris, kontingen dibagi menjadi dua kloter. Dari SMK YPT Purworejo, masuk kloter dua. Dalam Relly Krida ini, meliputi Navigasi Darat, Mountenering, Survival, Pionering, dan Penanggulangan Bencana, yang terbagi menjadi lima pos. Pada tiap-tiap pos, ada tugas dan rintangan yang dilewati.

“Dan kontingen kita meraih juara dua dalam Krida Navigasi Darat,” ungkap Aris, yang juga didampingi Drs Amin Fazri, selaku pembina OSIS dan Pramuka SMK YPT Purworejo.

Amin Fazri menambahkan, sudah lima tahun, kepramukaan di SMK YPT Purworejo dalam binaan Kodim 0708, dan sering mewakili kontingen Purworejo dalam kegiatan kepramukaan Saka Wira Kartika di tingkat Jateng-DIY. Bagi kelas X, kepramukaan merupakan ekstrakurikuler wajib, yang pada awal tahun pembinaannya dilakukan oleh Kodim 0708.

“Pada kegiatan yang sama tahun 2015 di Blora, kita juara 3 Survival,” pungkas Amin Fazri. (Jon)