Prajurit TNI Tingkatkan Profesionalitas dengan Latnister

    


Prajurit Kodim 0708 Purworejo tengah mengikuti Latihan Tekhnis Teritorial, di Gedung Jendral Sudirman, Makodim Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Berlangsung di Gedung Jenderal Soedirman Makodim Purworejo, selama 3 hari, dari Senin (13/3) hingga Rabu (15/3), Kodim 0708 Purworejo menyelenggarakan Latihan Tekhnis Teritorial (Latniser). Kegiatan ini diikuti 150 peserta, dan dibuka oleh Kasdim Purworejo, Mayor Inf Sulistiyono, mewakili Dandim Purworejo.

Dijelaskan oleh Sulistiyono, Latnister merupakan kegiatan pembinaan latihan komando kewilayahan, yang diarahkan guna meningkatkan sumber daya manusia aparat komando kewilayahan agar mempunyai kesiapan dalam melaksanakan tugas.

“Dengan Latnister diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan dalam menyelenggarakan pembinaan teritorial (Binter) di wilayah. Latihan diberikan dalam bentuk teori dan praktek,” kata Kasdim Purworejo.

Pembinaan teritorial sebagai fungsi utama TNI AD, jelas Sulistiyono, bertujuan untuk melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan, untuk kepentingan pertahanan negara.

Lebih lanjut Kasdim mengatakan, dalam melaksanakan fungsi Binter, setiap prajurit satuan komando kewilayahan dituntut mampu memonitor dan mengenali secara benar karakteristik wilayahnya, mampu mengorganisir dan melatih rakyat bagi kepentingan bela negara, serta mampu berkomunikasi dan berintegrasi dengan masyarakat untuk mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Ikuti latihan ini dengan sungguh-sungguh, semangat dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga tujuan dari latihan dapat tercapai,” kata Sulistiyono dalam arahannya.

Materi yang diberikan, terang Sulistiyono, antara lain sikap teritorial yang meliputi pembinaan dan pengamalan sikap teritorial. Juga materi lima kemampuan teritorial yang meliputi kemampuan temu cepat lapor cepat, kemampuan manajemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah, kemampuan pembinaan perlawanan rakyat serta kemampuan komunikasi sosial.

Kegiatan akan diakhiri dengan aplikasi dari materi yang sudah diberikan kepada peserta Latnister untuk mengetahui dan evaluasi kegiatan Latnister. (Jon)

Hits: 0