Prajurit TNI Netral Dalam Pilkada dan Profesional Dalam Tugas

    


Apel peringatan HUT ke-71 TNI di Markas Komando Distrik Militer 15627 Rote, 5 Oktober 2016 - foto: Isak Doris Faot/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dandim 1627 Rote Ndao, Letkol. Infantri Budi Yuono menyampaikan, pihaknya berupaya untuk mendekatkan diri dengan masyarakat diantaranya melalui program komunikasi sosial dengan menggandeng para pelajar.

Sedangkan di lingkup internal, yang menjadi perhatiannya yakni mess prajurit yang masih sangat terbatas. Sehingga banyak prajurit yang mengontrak rumah warga.

“Memang saat ini rumah sudah ada tetapi dibandingkan dengan jumlah prajurit, jelas belum banyak” ujar Dandim Budi Yuono usai Apel peringatan HUT ke-71 TNI di Markas Komando Distrik Militer 15627 Rote, 5 Oktober 2016.

Danlanal Pulau Rote, Letkol Laut Tonny Sumarno juga mengatakan, pihaknya fokus melakukan pemberdayaan kemasyarakatan dengan membentuk kelompok binaan rumput laut. Selain itu, dalam konteks pertahanan dan keamanan negara, keberadaan masyarakat berfungsi sebagai mata dan telinga.

“Misalnya, di lapangan menemukan indikasi pelanggaran batas wilayah kemudian menemukan sesuatu kejanggalan atau kecelakaan di laut, maka bisa memberikan informasi kepada pangkalan Angkatan Laut terdekat,” jelas Tonny Sumarno.

Terkait penjagaan pulau- pulau terluar, seperti Pulau Ndana, Lanal Rote menempatkan Satuan Tugas di Pos Angkatan Laut Pulau Ndana. Sedangkan Panglima TNI melalui Kodam Udayana menempatkan satgas pengamanan pulau terluar yang terdiri dari unsur TNI AD dan Marinir.

Apel peringatan HUT ke-71 Tentara Nasional Indonesia dihadiri oleh Pemkab Rote Ndao yang diwakili Asisten III, Ir. Untung, Danlanal Pulau Rote, Letkol Laut Tonny Sumarno, Kapolres Rote Ndao, AKBP. Murry Mirranda, jajaran Forkopimda dan undangan lainnya.

Apel berlangsung sederhana dan kidhmat. Pada kesempatan itu pula, Dandim Budi Yuono secara simbolis menyerahkan tanda penghargaan dari Presiden Jokowi berupa Tanda Penghormatan Bintang Kartika Eka Pakci Nararya kepada 2 orang prajurit TNI AD yang diwakili oleh Serma I Made Dana.

Penghargaan Satya Lencana juga diberikan kepada 8 orang prajurit TNI AD. Penghargaan Bintang Kartika Eka Pakci Nararya ini diberikan kepada anggota TNI AD di bidang tugas kemiliteran yang menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan, dan jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban.

Usai apel, acara dilanjutkan dengan penyerahan piala kepada sekolah yang menjuarai berbagai perlombaan yang digelar oleh Kodim 1627 Rote Ndao. Pemenang lomba bola voli putra, juara I diraih oleh SMA Negeri I Rote Timur, Juara II oleh SMA N Rote Barat Laut, Juara III oleh SMKN Rote Barat, juara IV oleh SMAN I Rote Barat Daya.

Pemenang lomba paduan suara, Juara I oleh SMAN I Lobalain, Juara II oleh SMAN Rote Barat Laut, juara III oleh SMK N I Lobalain.

Sedangkan untuk perlombaan baca puisi diikuti oleh sekolah tingkat SMP dengan juara I yakni Azrya K.S.P. Dami, siswa SMPN 2 Lobalain, juara II oleh Yuki Panie, siswa dari SMP N I Lobalain, juara III baca puisi Risna Novriana Ndolu, siswi dari SMP N 2 Lobalain dan juara umum diraih oleh SMA N I Rote Timur.

Usai apel, prajurit TNI bersama istri prajurit dan tamu undangan bergembira bersama dengan menari Tarian Kebalai dan Tarian kreasi baru Mogi. Semua nampak larut dalam kebersamaan memperingati HUT TNI ke- 71.
 
 
Zak

Hits: 0