PPDB Online SMPN 3 Purworejo, Jumlah Pendaftar Melebihi Kuota

    


SMP N 3 Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Hingga hari terakhir PPDB online tingkat SMP yang berakhir Jum’at (6/7), jumlah pendaftar yang masuk di SMP N 3 Purworejo mencapai 254 siswa.

Dari jumlah tersebut, nilai UN tertinggi pendaftar 303,67, dan terendah 241, 67. Kuota yang dibutuhkan, 224 siswa, untuk 7 rombel, dengan jumlah siswa per rombel 32 siswa.

“Jumlah pendaftar melebihi kuota. Dari zona satu mencapai 195 pendaftar, zona dua 50, dan zona tiga 9,” jelas Sutarto, MPd, Kepala Sekolah SMP N 3 Purworejo, Jum’at (6/7).

Sesuai aturan PPDB online tahun ini, kata Sutarto, untuk pendaftar terbagi menjadi 3 zona. Zona satu untuk SMP N 3 Purworejo, yang beralamat di Jalan Mardihusodo no 3, Kutoarjo ini, meliputi Kecamatan Kutoarjo, Kemiri, dan Bayan, dengan kuota minimal 50%

Untuk zona dua, dari 13 kecamatan di luar zona satu, dengan kuota maksimal 40 %. Dan zona tiga, dari luar kabupaten, dengan kuota maksimal 10 %.

Dengan sistem zonasi, dimana antara sekolah yang satu dengan lainnya wilayahnya berbeda, aku Sutarto, tidak berdampak. Itu dikarenakan, dari dulu, dari luar zona sudah banyak yang mendaftar di SMP N 3 Purworejo.

“Kurangnya pemahaman tentang zona, menjadikan masyarakat jadi takut tidak diterima mendaftar di luar zona. Padahal sudah diatur dengan kuota untuk tiap zona, dan bisa dipantau perkembangannya secara online,” kata Sutarto. (Jon)