Polres Kebumen Terapkan Booking Pendaftaran SIM Via Aplikasi Whatsapp

    


Peresmian pelayanan pembuatan sim baru melalui sistem booking lewat telpon oleh Kapolres Kebumen, AKBP Alpen, SIK, SH, MH – foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat Kebumen, khususnya bagi para pemohon sim baru, Satlantas Polres Kebumen membuat terobosan baru.

Dalam hal ini, Satlantas Polres Kebumen membuka layanan pendaftaran sim baru melalui telpon, sms, maupun WA, di nomor 082313277711. Layanan baru ini, diresmikan oleh Kapolres Kebumen, AKBP Alpen SIK, SH, MH Rabu (31/8), di kantor Satlantas Polres Kebumen.

“Ini sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat. Dengan layanan baru ini, para pemohon sim baru lebih dimudahkan, karena bisa booking dulu pendaftaran melalui telpon, sms, maupun WA,” jelas AKBP Alpen.

Di kesempatan yang sama, Kasatlantas Polres Kebumen, AKP Aditia Mulya Ramadhani, SIK, menjelaskan, dasar dari pelayanan baru ini, untuk efektifitas waktu bagi pemohon sim baru.

Masyarakat, kata Aditia, akan dimudahkan, karena ada kepastian jadwal ujian. Beda dengan sebelumnya, dimana pemohon bisa seharian menunggu jadwal ujian tanpa ada kepastian kapan waktunya. Dengan adanya kepastian jadwal, masyarakat akan lebih nyaman.

Mekanisme dari booking pendaftaran bagi pemohon sim baru ini, dengan menghubungi no call center 082313277711, baik lewat telpon, sms maupun WA.

Pemohon bisa mendaftar sesuai waktu yang diinginkan, dengan waktu maksimal 6 hari sebelum pelaksanaan ujian. Dari operator akan diberi no antrian, dan jadwal kapan ujian dilaksanakan.

Sesuai jadwal yang ditentukan, pemohon bisa datang ke kantor satlantas, untuk melakukan registrasi di loket pendaftaran. 15 menit sebelum ujian, dengan membawa syarat-syaratnya, foto kopi KTP dan surat keterangan kesehatan.
“Layanan booking pendaftaran sim baru ini, khusus untuk sim C dan sim A. Pendaftaran dibuka dari jam 6 pagi hingga jam 3 sore,” jelas Aditia.

Ditambahkan Aditia, dalam sehari, Satlantas Polres Kebumen melayani pembuatan sim C rata-rata 120 orang, dan SIM A 30 orang. Untuk sim C, peserta dibagi menjadi 8 kelompok, dan sim A 2 kelompok. Tiap kelompok berisi 15 peserta.
“Bagi pemohon sim baru yang tinggal di luar kota juga akan lebih dimudahkan, karena jadwal ujian bisa disesuaikan dengan kebutuhan si pemohon,” pungkas Aditia.
 
 
Jon