Polres Kebumen Diteliti Puslitbang Polri

    


Tim Peneliti dari Puslitbang Polri, saat melakukan penelitian di Mapolres Kebumen, Rabu (6/3) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Tim Peneliti dari Puslitbang Polri, melakukan penelitian di Polres Kebumen, Rabu (6/3) pagi. Penelitian dilakukan untuk mengetahui tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Tim disambut oleh Kapolres Kebumen AKBP Robert Pardede bersama dengan pejabat utama.

Tim peneliti dipimpin oleh Kombes Pol. Drs Guntur Setyanto. Selaku koordinator pengendali, Drs Ari Wahyono, konsultan AKBP Drs Sunaryanto dan Ipda Aninditya Saptarini.

Sasaran penelitian meliputi 5 bidang pelayanan dari 5 Fungsi Operasional Kepolisian, yakni Satuan Lalulintas, Reskrim, Intel, Binmas dan Sabhara.

Pada kelima fungsi tersebut dilakukan penelitian sejauh mana pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat, serta tingkat kepuasan masyarakat atas layanan yang telah diberikan Polres Kebumen selama ini.

“Hasil penelitian Tim Puslitbang Polri, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri mencapai 82,3 %,” jelas Guntur.

Peningkatan ini berlangsung secara revolusioner dan bukan alami. Menurut Guntur, hal ini tidak terlepas dari inovasi-inovasi serta kebijakan Pimpinan Polri untuk memperbaiki layanan publik agar dapat memuaskan masyarakat.

Sebelum melakukan penelitian ke Polres Kebumen, tim menyempatkan melakukan survei kepada sejumlah masyarakat terkait pelayanan yang dilakukan oleh Polres Kebumen

Dari survei itu, masyarakat Kebumen merasa puas atas apa yang telah dilakukan Polres Kebumen dalam melayani masyarakat. Namun pada kesempatan itu, Tim tetap berpesan kepada Polres Kebumen untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

” Polres Kebumen telah memiliki trobosan kreatif untuk menarik simpatik masyarakat agar lebih dekat dengan Polres Kebumen, yakni, dengan menggelar santunan kepada anak yatim dan bedah rumah ibadah, serta bedah rumah tidak layak huni,” jelas Kapolres Kebumen AKBP Robert Pardede melalui Kasubbag Humas AKP Suparno, usai mengikuti arahan dari Tim Puslitbang Polri.

“Kegiatan-kegiatan tersebut akan kita gelar terus menerus. Ini salah satu upaya, agar polisi dekat dengan masyarakat,” kata Suparno. (Jon)