Polisi Razia Rutan Purworejo

    


Satnarkoba Polres Purworejo melakukan razia dan test urine untuk warga binaan dan petugas Rutan Purworejo, guna antisipasi peredaran narkoba, Jum'at (15/2/2019) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Rutan Kelas IIB Purworejo, bekerja sama dengan Satuan Narkoba Polres Purworejo, menggelar razia di Rutan Purworejo, Jum’at (15/2/2019) pagi. Razia yang dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Setiyoko ini, dengan menggeledah kamar hunian warga binaan.

Sasaran dari penggeledahan ini, senjata tajam, benda-benda berbahaya, serta narkoba. Usai dilakukan penggeledahan, seluruh warga binaan dan petugas rutan, menjalani test urine.

“Razia dilakukan, untuk mengantisipasi/pencegahan peredaran narkoba di rutan. Hasil razia, tidak ditemukan senjata tajam, narkoba, atau benda berbahaya lainnya,” jelas Lukman Agung Widodo, Karutan Purworejo, Jum’at (15/2).

Dari hasil pemeriksaan urine yang dilakukan Tim Dokkes Polres Purworejo terhadap 110 warga binaan dan 86 pegawai Rutan Purworejo, dinyatakan negatif.

Menurut Lukman, untuk mengantisipasi peredaran narkoba di rutan, pihaknya melarang adanya alat komunikasi di dalam rutan, barang-barang bawaan selalu diperiksa, serta setiap seminggu dua kali dilakukan razia secara internal, dan razia eksternal setiap tiga bulan sekali.

“Dengan razia ini, kita berharap Rutan Purworejo bebas narkoba,” ujar Lukman.

Menurut Kabag Ops Polres Purworejo, Kompol Setiyoko, yang didampingi Kasatnarkoba, Iptu Sapto Hadi, dalam razia tersebut, diterjunkan 25 personil. Hasil razia, hanya ditemukan beberapa korek api, dan langsung diamankan.

Dijelaskan oleh Setiyoko, razia bersifat rahasia dan mendadak. Dengan seringnya razia, diharapkan tidak ada kerusuhan atau hal-hal yang menyebabkan rutan tidak solid.

Sapto Hadi juga menambahkan, peredaran narkoba di Purworejo, belumlah tinggi, dan baru sebatas pemakai. Mata rantai peredaran narkoba, dengan sistim sel terputus, yakni, tidak menyebut jaringan ke atas maupun samping. Dan pada awal tahun 2019, Satnarkoba berhasil mengungkap empat kasus narkoba. (Jon)