Polisi Buru Pengedar ke Kepri, 3 Tersangka dan 27 kg Sabu-sabu Diamankan

oleh
Barang bukti 27 kg sabu-sabu yang diamankan Subdit II Psikotropika Ditresnarkoba Polda Metro Jaya - foto: Bob/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Subdit II Psikotropika Ditresnarkoba Polda Metro Jaya berhasil mengungkap dan menangkap 3 orang tersangka bandar narkotika jenis sabu-sabu seberat 27 kg.

Tersangka masing-masing berinisial JU, MZ dan LOS. Mereka diamankan di Pulau Sumpat Kepulauan Riau pada Sabtu (21/03/2020).

“Penangkapan JU, MZ dan LOS berawal dari tertangkapnya tersangka EM cs pada 10 Juli 2019, dengan barang bukti 10 kg sabu-sabu,” jelas Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujadna di Mapolda, Jumat, 27 Maret 2020.

Ditambahkan Kapolda, tersangka EM dan H menjemput barang bukti sabu-sabu di Malaysia bersama JU. Informasi itu ditindaklanjuti dengan mengirimkan tim ke Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Diketahui, JU membeli mesin speed boat di PT Rofiko Batam. Pada hari Selasa (3/03/2020), JU dan LOS membeli Kapal Pancing kecil di wilayah Tanjung Berakit Bintan.

Pada Senin (9/03/2020), kedua tersangka memindahkan Kapal Pancing ke Tanjung Pinang dan melakukan pengecatan kapal menjadi berwarna hijau.

“Kapal tersebut akan digunakan untuk bertransaksi narkoba di laut,” terang Kapolda.

Informasi selanjutnya menyebutkan akan adan penjemputan narkoba menggunakan speed boat dari Malaysia-Bintan-Tanjung Pinang-Belitung-Jakarta.

Kemudian, tim berkoordinasi dengan Subdit Narkotik Bea Cukai Pusat dan Kanwilsus DJBC Kepulauan Riau untuk melakukan pengejaran menggunakan speedboat dan melakukan penangkapan terhadap tersangka, JU, MZ dan LOS.

Tersangka dikenakan Pasal 114 ayat  (2) subsider pasal 115 ayat (2), pasal 112 ayat (2) juncto pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkotika.

Pelaku terancam pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling lama 5 tahun dan paling lama 20 tahun, dan pidana denda paling sedikit Rp 1 milyar dan paling banyak Rp 10 milyar. (Bob)

KORANJURI.com di Google News